Sering ke Luar Negeri? Jangan Lupa Aplikasi ini

Tim Editor

Aplikasi Safe Travel Kemlu (Era.id)

Jakarta, era.id - Buat kamu yang sering pergi ke luar negeri, ini ada aplikasi dari Kementerian Luar Negeri yang wajib ada di gadget kamu.

Nama aplikasinya 'Safe Travel Kemlu'. Diluncurkan sejak tahun lalu, aplikasi ini sudah ada di semua platform. Memang apa kehebatan aplikasi ini? Nah ini kami kasih bocorannya.

Dilansir dari situs resmi Kemlu, Jumat (6/4) kemarin, aplikasi ini bikin WNI yang di luar negeri tidak akan merasa 'sendiri'. Kementerian di bawah komando Menteri Retno Marsudi ini siap memberi pelayanan dan perlindungan bagi WNI. Fitur yang ada dalam aplikasi Safe Travel ini membantu WNI untuk mengenal negara yang sedang dikunjungi. Apa saja?

Informasi lengkap negara-negara di dunia, meliputi: Status Negara (tingkat keamanan yang ditandai dengan indikator warna); Akses Pelayanan Perwakilan; Daftar 130 Perwakilan (Ada informasi alamat, nomor telepon, faksimili, email, dan hotline Kedutaan Besar, Konsulat Jenderal, hingga Konsulat); Informasi Hukum dan Kebiasaan Setempat; Mata Uang; Informasi Tempat Ibadah; Informasi Wisata; Informasi Kuliner Halal.



Ada juga infografis unik hingga informasi teramat penting para traveller; jenis steker listrik maupun voltase yang dipergunakan di negara tujuan. Satu fitur yang sangat krusial adalah adanya Tombol Darurat. Kamu dapat menggunakan fitur tombol darurat untuk mengirim foto, merekam video, menghubungi Perwakilan terdekat dan mengirim lokasi kejadian.

Ada juga fitur Indonesian Nearby --menyediakan informasi mengenai WNI yang berada dekat lokasi kamu saat di luar negeri--. Jadi kamu bisa berkenalan atau mengobrol untuk memperkuat komunitas WNI di luar negeri. 

"Secara garis besar, website peduli WNI lebih mengedepankan keamanan sehingga tidak dibuatkan mobile version-nya. Sedangkan aplikasi Safe Travel memiliki unsur fun, jadi perjalanan WNI akan aman dengan informasi yang ada sekaligus menyenangkan karena banyak fiturnya," beber Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Lalu Muhamad Iqbal.

Merujuk data kementerian, ada 2.978.446 WNI berada di luar negeri. Sebanyak 2.825.939 merupakan pekerja migran. Sisanya terbagi dari pelajar dan Anak Buah Kapal (ABK). Sementara itu, tercatat 18 juta WNI berpergian ke luar negeri untuk keperluan wisata, termasuk wisata religi.

Tag: kemlu

Bagikan: