Zulkifli Hasan Pesimistis Poros Ketiga Bakal Terbentuk

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan pesimistis bakal terbentuk poros ketiga di Pilpres 2019. Diah bahkan menyebut, untuk mewujudkan poros ketiga dibutuhkan keajaiban.

"Untuk mewujudkan (wacana) poros ketiga butuh keajaiban," kata Zulkifli di Surabaya, seperti dikutip Antara, Selasa (17/4).

Zulkifli mengungkapkan, pihaknya justru sedang menggagas koalisi nasional untuk menghadapi kontestasi mendatang. Koalisi tersebut digagas untuk merajut kembali Merah Putih, yang menurutnya dapat menguatkan kembali persatuan dan kesatuan bangsa.

"Tidak memecah belah, tidak bermusuhan, tetapi untuk kepentingan nasional kita, national interest," imbuhnya.


'Hitung-Hitungan Suara' (Infografis/era.id)

Baca Juga : Nasib Poros Ketiga Setelah Ditinggal PKB

Menurut Zulkifli, gagasan mengenai koalisi nasional sedang dibahas partai-partai politik. Namun dia belum merinci partai-partai apa saja yang membahas gagasan tersebut.

Terkait arah dukungan partai berlambang matahari dalam pilpres mendatang, Zulkifli mengatakan dukungan PAN belum bisa ditentukan saat ini. "Bisa saja ke Pak Jokowi, bisa juga ke Pak Prabowo atau bisa juga yang lain," katanya.

PAN saat ini belum menentukan dukungan karena masih konsentrasi di pilkada. Karena itu sikap PAN akan ditentukan setelah pilkada.

"Kita lihat nantilah setelah pilkada. Sekarang masih demikian cair," tambah dia.


Elektabilitas Jokowi vs Prabowo. (Infografis/era.id)

Wacana pembentukan poros ketiga Pemilu 2019 masih belum ada juntrungannya. Poros ini tadinya diprediksi bakal diisi oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat. 

Dibentuknya poros ketiga ini menjadi pilihan di luar Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. Namun, poros ini goyang setelah PKB mengusung Jokowi sebagai capres.

Untuk saat ini, ada dua poros yang sudah terbentuk. Pertama, Jokowi yang diusung oleh PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Nasdem, PPP dan PKB. Sementara poros Prabowo diusung oleh Partai Gerindra dan PKS yang akan menyusul belakangan.

Tag: poros ketiga flyover pancoran

Bagikan: