Bahas Kerawanan, Kapolda Papua Datangi Kantor KPU

Tim Editor

Suasana pertemuan Kapolda Papua Irjen Boy Rafli dengan KPUD Papua. (Paul/era.id)

Jayapura, era.id - Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar datang ke Kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Papua. Tujuannya untuk berkoordinasi dengan pihak penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu dalam menyikapi berbagai potensi konflik dan masalah terkait Pilkada di 7 Kabupaten di Papua.

"Terus terang saja, tadi kita saling bertukar informasi dan berupaya mencari solusi dalam mengatasi masalah yang terjadi. Ada sebagian masalah-masalah di mana itu sudah dalam proses hukum yang masih kita tunggu, seperti yang terjadi di Paniai terkait sengketa. Termasuk mengatasi potensi konflik serta segala hambatan yang akan timbul dalam proses pilkada nanti," tutur Boy Rafli di lokasi, Rabu (25/4/2018).

Ditambahkan Boy, pertemuan tersebut membahas masalah yang ada di enam kabupaten yang jadi fokus perhatian pihak kepolisian.

"Kabupaten yang dianggap rawan sudah terlihat dan makin mengerucut yaitu Paniai, Mamberamo tengah, Jayawijaya, Biak dan Mimika," kata dia.



Dia menambahkan, telah melakukan pergeseran pasukan di beberapa daerah yang dianggap memiliki potensi konfilik dalam pilkada. Selain itu, Polda juga sudah meminta bantuan kepada Polda Papua Barat untuk tambahan pasukan ini.

"Penambahan personel sudah kami lakukan, namun sementara ini masih menggunakan pasukan dari Polda Papua termasuk dari Brigadir Remaja yang baru lulus dan Brimob Polda Papua, sementara untuk penambahan pasukan direncanakan pada bulan Juni mendatang dari Polda Papua Barat," terangnya. (Paul)


Tag: pilkada papua pilkada 2018

Bagikan: