Tanggapan Wiranto soal Vonis Pembubaran HTI

Tim Editor

Menko Polhukam Wiranto (Yohanes/era.id)

Jakarta, era.id - Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto angkat bicara terkait putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta terhadap Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Wiranto mengatakan bahwa putusan itu telah tepat.

"Kalau sampai gugatan itu diterima, kita tidak tahu lagi instrumen apa dan bagaimana caranya menjaga keutuhan negeri ini. Yang pasti, akan banyak lagi bermunculan ormas yang nyata-nyata tidak setuju dengan nasionalisme, demokrasi, Pancasila, dan NKRI," kata Wiranto dalam keterangan pers seperti dikutip, Kamis (10/5/2018).

Lanjut, Wiranto mengatakan jika ormas-ormas yang tidak sejalan dengan Pancasila dan NKRI dapat mengoyak persatuan Indonesia dari dalam. Hal ini lah yang tak boleh dibiarkan terjadi.

"Kita semua harus menyadari bahwa tujuan keputusan tersebut semata-mata untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara," kata Wiranto.


(Keterangan pers Kemenko Polhukam)

Lebih lanjut Wiranto berharap masyarakat tidak lagi menjadikan putusan tersebut sebagai polemik. Dia juga meminta agar putusan tersebut tidak dimainkan untuk kepentingan politik pada tahun-tahun pemilihan ini.

Sebelumnya, vonis penolakan gugatan pembatalan SK pembubaran HTI diketok oleh PTUN Jakarta. Majelis hakim menganggap SK tersebut sah karena HTI terbukti melakukan upaya mendirikan negara khilafah.

"Menolak gugatan para penggugat untuk seluruhnya," ujar ketua majelis hakim Tri Cahya Indra Permana di PTUN Jakarta, Jl Sentra Baru Timur, Jakarta Timur, Senin (7/5).

Tag: hti wiranto

Bagikan: