DPR: Hakim Artidjo Aset Berharga Negara

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Anggota Komisi III DPR, Arteria Dahlan merasa kehilangan dengan pensiunnya Hakim Agung Artijdo Alkostar. Baginya yang bermitra dengan Mahkamah Agung (MA), Artidjo adalah aset bangsa.

"Beliau salah satu aset bangsa yang mampu menjadi pengadil yang sangat baik. Memperlihatkan wujud dan karakter serta watak kekuasaan kehakiman yang sesungguhnya," kata Arteria saat dihubungi era.id, Selasa (22/5/2018).

Baca Juga: Terima Kasih Artidjo Alkostar

Menurut anggota Fraksi PDI Perjuangan itu, keadilan Artidjo dalam setiap putusannya tidak hanya dipresentasikan dari besaran hukuman, melainkan juga melalui pertimbangan hukum. Dia menilai Artidjo yang sudah berkarier selama 18 tahun di Mahkamah Agung merupakan figur hakim berintegritas dan layak menjadi teladan. 

"Beliau sudah selesai dengan dirinya, yang ada hanya semangat mengabdi. Pada diri beliaulah kita belajar bahwa kebahagiaan itu bukan dari materi yang kita dapat, tapi dari apa yang kita perbuat untuk umat," jelas Arteria.

"Semakin lama dia menjadi hakim justru putusannya semakin baik, arif dan bijaksana



Artidjo yang kini sudah berumur 70 tahun tidak bisa lagi menjadi Hakim Agung. Berdasarkan Pasal 11 huruf b UU Mahkamah Agung, Artidjo diharuskan untuk pensiun. Kabar Artidjo pensiun disampaikan juru bicara MA hakim agung Suhadi.

"Iya, sudah pensiun. Secara administrasi pensiun mulai per 1 Juni," kata Suhadi saat dikonfirmasi era.id.

Tag: ketua dpr hakim agung artidjo alkostar

Bagikan: