Menko PMK Ajak Perempuan Tingkatkan Ekonomi Nasional

Tim Editor

Menko PMK Puan Maharani (Foto: Istimewa)

Jakarta, era.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani menyatakan perempuan berperan penting dalam peningkatan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), bahkan perekonomian nasional. Hal itu disampaikan Puan saat membuka Kowani Fair 2018.

Kowani Fair tahun ini mengambil tema "Optimalisasi Kemandirian Perempuan Pengusaha untuk Ketahanan Ekonomi Keluarga" di Smesco Exhibition Hall, Jakarta, Kamis (24/5/2018).

Baca Juga: 20 Tahun Reformasi, Puan Ingatkan Revolusi Mental

Puan mengatakan, Kowani sebagai federasi dari 91 organisasi wanita tingkat pusat memiliki peran strategis dalam memberdayakan perempuan Indonesia. Pelaksanaan Kowani, kata Puan, merupakan sarana mempromosikan industri kreatif melalui UMKM sekaligus jadi ajang pembuktian bahwa kaum perempuan mampu jadi bagian tulang punggung perekonomian nasional, melestarikan kebudayaan daerah, dan menciptakan lapangan kerja.

"Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan Kowani Fair yang sudah ke-17 ini. Ini merupakan wujud gotong royong dalam memajukan produksi UMKM perekonomian dalam negeri," ujar Menko PMK.


Menko PMK Puan Maharani (Foto: Istimewa)

Menko perempuan pecinta kesenian tradisional itu berharap Kowani Fair menjadi jembatan bagi wanita pengusaha untuk mempromosikan hasil produknya sekaligus mencari pasar-pasar baru. Hal penting selain itu, Kowani Fair diharapkan mendorong kaum perempuan membangun kapasitasnya dan berbagi inspirasi pada perempuan di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kiprahnya memajukan perekonomian nasional.

"Penyelenggaraan Kowani Fair tentu selalu ditunggu-tunggu. Untuk inovasi dari keunggulan produk dalam negeri harus tetap dilakukan agar antusiasme tetap tinggi," sebut Menko Puan.

"Peran usaha mikro dan kecil yang sebagian besar digeluti kaum perempuan, terbukti menjadi penopang perekonomian bangsa pada krisis 1998 lalu," sambung Menko PMK.

Baca Juga: Senyum Puan untuk Mahasiswi yang Mengidolainya

Pernyataan Menko PMK mengenai perempuan dan peningkatan perekonomian sejalan dengan apa yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam kesempatan sebelumnya. Presiden Jokowi pernah mengatakan perempuan berperan penting dalam memajukan perekonomian nasional, bahkan dunia. 

Presiden sepakat dengan pepatah yang mengatakan di belakang laki-laki hebat selalu ada perempuan hebat. 

"Pengalaman di seluruh dunia menunjukkan, paling gampang dan paling mudah menggenjot ekonomi dengan pemberdayaan perempuannya," ujar Jokowi. 

Secara terpisah, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia, Ida Ruwaida, mengatakan bahwa tanpa ada perempuan, maka perekonomian, khususnya perekonomian rumah tangga menjadi tanda tanya. Selain mengatur perekonomian rumah tangga, perempuan juga dapat menambah pemasukan dan membuka lapangan kerja melalui UMKM.

“Perempuan adalah penyelamat ekonomi keluarga, perempuan sebagai pilar utama perekonomian,” ungkap Ida.

 

Tag: kemenko pmk puan maharani ekonomi kreatif pertumbuhan ekonomi

Bagikan: