Sejarah Asal Nama Dorce Gamalama Pemberian Ketua Waria, dari Nama Asli Dedi Yuliardi Ashadi

| 16 Feb 2022 13:02
Sejarah Asal Nama Dorce Gamalama Pemberian Ketua Waria, dari Nama Asli Dedi Yuliardi Ashadi
Dorce Gamalama (Instagram)

ERA.id - Artis trangender multitalenta itu akhirnya menghembuskan napas terahir pada Rabu (16/2/2022), pukul 07.30 WIB. Dorce Gamalama meninggal dunia pada usia 58 tahun di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Simprug, Jakarta.

Kabar meninggalnya Dorce diwarnai dengan pro-dan kontra status pemakaman, secara laki-laki atau perempuan. Meski Dorce sendiri telah berwasiat ingin dimakamkan secara perempuan.

Sebagai artis transgender, penyanyi dan pembawa acara ini terlahir seagai laki-laki dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi pada 21 Juli 1963 di Solok, Sumatra Barat.

Dilansir dari Wikipedia, sejak remaja Dorce sudah menyadari kecenderungannya tertarik pada perempuan. Hal ini juga ia manfaatkan untuk membuat penampilannya di panggung semakin menarik, yaitu melawak dengan berpura-pura menjadi wanita.

Dorce Gamalama (Instagram/@bayek69_mua)

Ketika itulah ia mendapatkan nama panggilan dari Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls, yaitu Dorce Ashadi. Sejak saat itu  Dorce lebih sering memposisikan dirinya sebagai seorang perempuan meski sosok pria masih sangat kental pada dirinya.

Untuk mendukung totalitas kepribadian dan penampilannya di atas panggung, Dorce melakukan operasi ganti kelamin di Surabaya pada tahun 1983. Ia kemudian lebih dikenal dengan nama Dorce Gamalama.

Nama Gamalama diambil dari Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku. Setelah kepulangannya dari ibadah haji, ia juga menambahkan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Kepergian Dorce Gamalama untuk selama-lamanya ini bukan hal yang amat mengejutkan. Selumnya ia pernah diberitakan meninggal dunia, meski itu hanya kabar hoaks. Dorce meninggal karena Covid-19 dan penyakit lain yang dideritanya.

Kami juga pernah menulis soal Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Doa Gus Miftah Tulis Doa Tulus: Semoga Dosanya Diampuni Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi