Dipimpin Langsung Presiden, Fadli Zon Resmi Dipecat dari Kursi DPR, Benarkah?

| 30 Mar 2022 07:30
Dipimpin Langsung Presiden, Fadli Zon Resmi Dipecat dari Kursi DPR, Benarkah?
Fadli Zon (Antara)

ERA.id - Beredar sebuah video di YouTube oleh channel bernama POLITIK INDONESIA, dengan disertai thumbnail yang menyatakan bahwa Fadli Zon dipecat dari DPR.

Channel Youtube tersebut menuliskan narasi:

NARASI:

KARIR BERAKHIR

DISAKSIKAN RATUSAN MENTRI

FADLI ZON AKHIRNYA RESMI DI PECAT DARI KURSI DPR

BERITA VIRAL ~dipimpin langsung presiden, pemecatan Fadli disaksikan ratusan Mentri

#BERITATERKINI #BERITAHARIINITERBARU #BERITAINDONESIAHARIINI

Turnbackhoax.id

Dikutip dari Turnbackhoax.id pada Selasa (29/03/2022), Setelah dilakukan penelusuran fakta terkait, isi dalam video yang berdurasi 8 menit 1 detik tersebut sama sekali tidak berisi informasi bahwa Fadli Zon dipecat.

Narasi dalam video diketahui sama persis dengan artikel dari jppn.com dengan judul “10 Poin Klarifikasi Fadli Zon yang Dituding Dekat dengan Terduga Teroris, Ternyata”.

Dalam keseluruhan artikel membahas mengenai Fadli Zon yang diisukan dekat dengan terduga teroris setelah dirinya mengunggah sebuah foto bersama yang terduga teroris tersebut. Atas hal itu, Fadli Zon kemudian melakukan klarifikasi yang salah satunya adalah ia mengatakan isu tersebut adalah fitnah.

Lebih lanjut, tidak ada berita resmi bahwa Fadli Zon dipecat dari DPR. Adapun bio di Twitter akun resminya, @fadlizon, ia masih menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI dan aktivitas terbarunya adalah ikut meresmikan Besalen Trowulan di Mojokerto.

Berdasarkan data yang terkumpul dapat disimpulkan bahwa klaim channel POLITIK INDONESIA adalah tidak benar dan termasuk kategori False Connection.

Kami juga pernah menulis soal Polemik Penghilangan Nama Soeharto dari Sejarah Bikin Fadli Zon Tegur Keras Mahfud MD Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi