Hadiah Pemberian Pembalap MotoGP kepada Penonton di Mandalika Dilelang Negara untuk Pembangunan IKN, Benarkah?

| 02 Apr 2022 11:25
Hadiah Pemberian Pembalap MotoGP kepada Penonton di Mandalika Dilelang Negara untuk Pembangunan IKN, Benarkah?
Hoaks hadiah pemberian pembalap MotoGp kepada penonton Mandalika dilelang negara. (Foto: turnbackhoax.id)

ERA.id - Beredar informasi yang menyebut barang-barang pemberian pembalap MotoGP kepada penonton di Mandalika dilelang negara.

Informasi itu diketahui dari unggahan sebuah akun Facebook bernama Doni Andika yang memposting foto seorang pria yang berhasil mendapatkan helm milik Aleix Espargaro saat perhelatan MotoGp Mandalika lalu.

Dalam postingannya terdapat narasi bahwa barang-barang yang didapatkan penonton dari para pembalap disita dan dilelang oleh pemerintah untuk pembangunan Ibu Kota baru IKN.

NARASI:

"Barang² “berharga” dari balapan MotoGP disita & dil3lang utk b4ntu pemb4gun4n 1KN. Kasihan fans motoGP Indonesia ya…"

Berdasarkan penelusuran, dilansir dari akun Twitter @DitjenKN menegaskan bahwa barang-barang yang dilelang bukanlah yang didapatkan oleh para penonton.

"Merch pemberian pembalap yang akan dilelang oleh @kpknl_mataram bukan merch yang diberikan pada penonton yaa..Merch yang diberikan pada penonton tidak ada ttd pembalapnya, sedangkan yang akan dilelang ada ttd dan sepenuhnya untuk tujuan amal😊", tulis akun twitter DitjenKN, dilansir laman turnbackhoax.id.

Barang-barang yang akan dilelang @DitjenKN adalah merchandise pemberian pembalap ke ITDC, MGPA, dan Kemenkeu untuk tujuan amal, bukan barang-barang dari pembalap yg diberikan ke penonton. Jadi barang yang diterima penonton tetap jd milik masing-masing dan tidak ada kaitan dengan lelang.

Sementara itu, Penulis menghubungi pria bernama Fian yang berhasil mendapatkan helm milik Aleix Espargaro yang sempat viral saat perhelatan MotoGp Mandalika. Melalui pesan langsung lewat akun Instagramnya @fian_taz .

Ia menegaskan bahwa helm yang didapatkannya sampai saat ini masih menjadi miliknya. Selain itu ia juga telah berkomunikasi dengan pihak KPKNL Mataram dan diklarifikasi bahwa barang-barang yang dilelang ada 10 item dan bukan yang didapatkan oleh penonton.

Barang-barang tersebut berupa sepasang sarung tangan beserta tanda tangan Maverick Vinales, 3 buah kaos official merchandise MotoGp dengan tanda tangan Oliveira, Marc Marquez, dan Pol Espargaro, 2 Buah topi official merchandise MotoGp dengan tanda tangan Marc Marquez, 3 buah kemeja official merchandise MotoGp dengan tanda tangan Oliveira, Marc Marquez, dan Pol Espargaro, dan 1 buah topi milik Maverick Vinales beserta tanda tangannya.

Kami juga pernah menulis soal Sandiaga Klaim 75 Persen Pengunjung Menyatakan Puas Terhadap Rangkaian Penyelenggaraan MotoGP Mandalika Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi