Di Singapura, Kim Jong un pun Ditempel Ketat Pengawalnya

Tim Editor

Pengawalan ketat Pemimpin tertinggi Korut Kim Jong un di Singapura (Foto: Kelving Chng/The Strait Times)

Singapura, era.id - Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong un sudah tiba di Singapura siang tadi menumpang pesawat China Air di Bandara Changi. Pengawalan super ketat tetap melekat pada Kim Jong un.

Setelah diterima secara resmi oleh pihak Singapura, 35 kendaraan termasuk motor pengawalan polisi lokal, iring-iringan meninggalkan kawasan VIP Bandara Changi. Disadur dari The Strait Times, Minggu (10/6/2018), Kim Jong un diyakini ada di salah satu dari dua sedan Mercedes Benz yang memiliki pelat bertanda dan bendera Korea Utara.

Konvoi bergerak St Regis Hotel di kawasan Orchard, lokasi Kim Jong un dan delegasi akan tinggal selama di Singapura. Begitu tiba, lebih dari selusin pengawal setia Kim Jong un langsung sigap. Memakai jas hitam dengan dasi biru, mereka membentuk barikade mengelilingi mobil hingga mencapai parkiran.

Kamu masih ingat dengan video viral saat Kim Jon un bertemu Presiden Korea Selatan, Moon Jae di Garis Demarkasi Militer di Korea? Yah, kejadian mirip-mirip seperti itu. Para pengawal ini setengah berlari membentengi mobil yang ditumpangi Kim Jong un.

Media ini mengutip kesaksian Ri Yong Guk, seorang pembelot Korea Utara yang pernah bertugas menangani detail keamanan untuk Kim Jong Il. Ada enam lapisan yang menjaga setiap pemimpin Korea Utara.

"Ini adalah salah satu bagian keamanan paling ketat di dunia di mana satu semut pun akan kesulitan untuk mencapainya," tulis Ri Yong Guk dalam laporan yang ditulis 2013 silam. 

Mereka yang terpilih pastilah bukan sembarangan. Punya kemampuan pengamanan yang paling mumpuni dan siap jadi perisai hidup jika ada serangan ke pemimpinnya.

Dilansir dari kantor berita Korea Selatan Yonhap, sebenarnya ada tiga pesawat China Air yang bergerak pada hari ini. Dua lainnya diyakini membawa para pejabat Korut dan barang-barang makanan, kendaraan, senjata resmi dan perlengkapan lain untuk Kim Jong un.

Kim Jong un sempat juga bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong. Kim Jong un memuji Lee Hsien Loong yang mempersilakan negerinya menjadi lokasi pertemuan paling penting saat ini.

"Seluruh dunia sedang fokus pada pertemuan bersejarah antara DPRK dan AS, dan terima kasih atas upaya tulus Anda ... kami dapat menyelesaikan persiapan untuk pertemuan bersejarah , dan saya ingin mengucapkan terima kasih untuk itu," kata Kim.

Infografis panas dingin hubungan Trump-Jong un (Rachmad/era.id)
 

Tag: upaya damai as-korut

Bagikan: