Momen Gibran Tinjau Rumah Warga yang Ambruk Akibat Cuaca Buruk: Tenang Saja, Nanti Kami Perbaiki

| 09 May 2022 23:07
Momen Gibran Tinjau Rumah Warga yang Ambruk Akibat Cuaca Buruk: Tenang Saja, Nanti Kami Perbaiki
Wali Kota Solo Gibran meninjau rumah warga yang roboh di Kampung Nayu Barat, Kecamatan Banjarsari, Solo. (Amalia/ERA.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming meninjau rumah warga yang roboh di Kampung Nayu Barat RT 002, RW 013, Kelurahan Nusukan, Kecamatan Banjarsari, Solo. Robohnya rumah ini dikarekanakan hujan deras yang mengguyur kota Solo pada Minggu (9/5/2022).

Gibran meninjau lokasi rumah milik Tri Martono (62) pada Senin  pagi. Ia disambut oleh Anggota DPRD Kota Solo Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hartanti, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Solo Nico Agus Putranto, Lurah Nusukan Arik Rahmadani, dan beberapa tokoh masyarakat.

Rumah ini ambruk sekitar pukul 16.00 WIB setelah diguyur hujan sekitar dua jam. Talud yang tidak kuat menyebabkan tanah di bantaran Kali Anyar tidak kuat dan longsor. Terkait hal ini Gibran berjanji akan langsung memperbaikinya.

"Tenang saja, nanti kami perbaiki," katanya saat ditemui usai tinjauan.

Pasca cuaca yang ekstrem ini Gibran melakukan pemetaan pada bangunan-bangunan yang terdampak. Selain tanah longsor, Gibran juga meninjau warga yang terdampak angin puting beliung dan kebakaran.

”Nanti kami tangani semua,” katanya.

Sementara itu pemilik rumah ambrol, Tri mengatakan jika talud di belakang rumahnya sudah retak dan diperparah dengan kondisi arus air sungai yang deras. Karena tidak kuat menahan arus, talud kemudian longsor. Beruntungnya kejadian ini tidak menimbulkan korban jiwa.

”Dua kamar tidur ambrol. Sebelum kejadian saya sempat memantau, di bawah sudah hancur, tapi di atas kelihatannya aman,” ucapnya.

Ia kemudian melaporkan kejadian ini ke pemerintah setempat. Dia berharap pemerintah membantu perbaikannya.

Rekomendasi