Selasai Diperiksa, Ini Penampilan Mardani Maming Ganti Outfit Pakai Rompi Oranye dan Diborgol

| 28 Jul 2022 23:40
Selasai Diperiksa, Ini Penampilan Mardani Maming Ganti Outfit Pakai Rompi Oranye dan Diborgol
Mardani menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah sempat menjadi buronan. (Gie/ERA.id)

ERA.id - Mantan Bupati Tanah Bumbu Mardani Maming resmi ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap dan gratifikasi di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Dari pantauan ERA.id, Mardani turun dari lantai dua ruang pemeriksaan sekitar pukul 21:28 WIB. Dia mengenakan rompi oranye dan tangannya pun terborgol.

Sebelumnya, Mardani menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah sempat menjadi buronan. Dia tiba di Gedung Merah Putih KPK sekitar pukul 14.00 WIB pada Kamis (28/7/2022).

Saat tiba, Mardani menggunakan jaket berwarna biru. Sebelum menjalani pemeriksaan, Mardani sempat mengaku bingung dirinya ditetapkan sebagai buronan. Padahal dia sudah mengirimkan surat akan datang pada hari ini.

"Saya di sini sesuai janji saya ke KPK tanggal 25 Juli bahwa saya akan hadir tanggal 28 Juli," kata Mardani.

"Saya juga bingung suratnya masuk, tapi kenapa hari Selasa saya dinyatakan DPO. Padahal saya sudah mengirim surat dan koordinasi ke tim penyidik akan hadir tanggal 28 Juli," paparnya.

Sebelumnya, Mardani disebut sebagai tersangka setelah dicegah ke luar negeri oleh Ditjen Imigrasi atas permintaan KPK. Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, dia juga pernah diperiksa.

Hanya saja, setelah diperiksa Mardani mengaku dimintai keterangan terkait permasalahannya dengan pemilik PT Jhonlin Group Samsudin Andi Arsyad alias Haji Isam.

Meski begitu, nama Maming pernah disebut menerima uang sebesar Rp89 miliar dalam persidangan dugaan suap izin usaha pertambangan (IUP) di Kabupaten Tanah Bumbu yang digelar di Pengadilan Tipikor, Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dugaan ini disampaikan adik dari mantan Direktur Utama PT Prolindo Cipta Nusantara (PCN) Henry Soetio, Christian Soetio. Saat itu, Christian mengaku tahu adanya aliran dana kepada eks Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming melalui PT Permata Abadi Raya (PAR) dan PT Trans Surya Perkasa (TSP).

Transfer uang tersebut berlangsung sejak 2014. Jumlah puluhan miliar rupiah itu, disebut sebagai jumlah yang dikutip berdasarkan laporan keuangan PT PCN.

Rekomendasi