Cara Membersihkan Cobek Batu, Lakukan Langkah-langkah Berikut

ERA.id - Bagi Anda yang gemar dengan makanan pedas, pastinya salah satu peralatan masak yang dimiliki di rumah adalah cobek batu. Cobek batu ini digunakan sebagai alat yang dimanfaatkan untuk menghaluskan cabai saat membuat sambal.

Cobek batu juga dimanfaatkan untuk menghaluskan bumbu untuk membuat beberapa jenis masakan, contohnya nasi goreng. Namun, kadang-kadang cobek batu menjadi kotor dan berbabu, dan juga cukup sulit untuk dibersihkan. Lantas bagaimana cara membersihkan cobek batu?

Ilustrasi (Foto: Pixabay)

Tidak perlu bingung, jika Anda ingin membersihkan cobek batu, dapat melakukan cara-cara yang disarankan berikut:

Rendam dengan air panas

Sisa makanan yang tertinggal di sela-sela cobek batu dapat menjadi tempat kuman berkembang biak dan memunculkan bau tidak sedap. Anda dapat membersihkannya dengan cara merendam batu cobek menggunakan air panas terlebih dulu.

Dengan merendam cobek batu di air panas selama sekitar 10 menit, kotoran di sela-sela batu akan terkikis, sehingga akan semakin mudah dibersihkan dengan memanfaatkan sikat khusus dan sabun cuci.

Gunakan ampas kelapa

Biasanya ampas kelapa langsung dibuang karena tidak dapat lagi digunakan. Namun, ternyata bahan ini dapat dimanfaatkan untuk membersihkan cobek batu. Caranya yaitu dengan mengulek ampas kelapa di atas cobek batu yang ternyata dapat membersihkannya dari kotoran dan bau.

Jangan mencuci cobek dengan sabun cuci piring

Tidak semua alat masak dan alat makan dapat dicuci dengan sabun cuci piring. Cobek batu menjadi salah satunya, sebab tedapat banyak rongga atau pori-pori. Jika Anda tidak bersih dalam membilasnya, busa sabun cuci akan 'terjebak' dalam rongga tersebut.            

Selain itu, aroma atau wangi yang ada pada sabun cuci biasanya akan ikut menempel. Sehingga, berisiko membuat aroma bahan makanan yang hendak diolah selanjutnya berbau sabun.

Bersihkan kembali sebelum digunakan

Untuk menjaga kebersihan cobek, khususnya dari belatung, Anda bisa rendam dan cuci cobek batu sebelum digunakan.

Sebab, sisa makanan dan permukaan yang berongga memungkinkan lalat bertelur di cobek batu, sehingga berpotensi memunculkan belatung.

Simpan cobek batu di tempat kering

Setelah Anda menggunakan dan mencuci cobek hingga bersih, sebaiknya pastikan Anda menyimpannya di tempat yang kering dan tidak lembap. Anda juga disarankan untuk hindari meletakkan cobek di tempat basah, seperti di samping tempat cuci piring sebab akan menjadikan cobek berjamur.

Tips Membeli Cobek Batu Baru

Ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan saat membeli cobek batu baru. Pertama, cuci cobek dengan air mengalir, selanjutnya Anda keringkan dengan lap kain.

Untuk memastikan cobek tersebut asli terbuat dari batu atau tidak, Anda juga dapat merendam cobek selama 15 hari. Cobek yang asli umumnya awet direndam selama 15 hari dengan syarat harus diganti air setiap hari dan digosok dengan sikat. Sementara, cobek palsu atau yang terbuat dari semen akan pecah saat terlalu lama direndam. 

Setelah direndam dan dikeringkan, taburkan garam atau beras di atas permukaan cobek, kemudian ulek dan ratakan hingga berubah warna agak keabuan. Hal ini dilakukan agar kotoran yang ada pada cobek bisa terangkat. Anda dapat kembali mencuci cobek dengan air mengalir dan keringkan dengan lap kain.

Selanjutnya, gosokkan kunyit pada permukaan cobek dan diamkan sekitar lima menit. Bilas dengan air mengalir dan keringkan kembali dengan lap kain. Anda harus memastikan tidak ada serpihan batu yang tersisa. Setelah selesai, cobek pun sudah siap digunakan.

Demikianlah ulasan tentang cara membersihkan cobek batu yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…