Rangkaian Tips Awet Muda Lengkap, Mulai dari Cara Alami hingga Islami

| 22 Aug 2020 09:10
Rangkaian Tips Awet Muda Lengkap, Mulai dari Cara Alami hingga Islami
Ilustrasi perempuan aawet muda (Unsplash/@ninovisalli)

ERA.id - Awet muda selalu menjadi impian banyak orang. Bukan hanya baik untuk penampilan, awet muda juga baik bagi kesehatan.

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam Journals of Gerontology menyatakan, wanita yang terlihat lebih awet muda bisa hidup lebih lama dari rekan-rekannya yang tampak lebih tua dari usianya. Sebab mereka memiliki tekanan darah yang rendah sehingga risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke lebih kecil.

Sementara itu, para pakar kecantikan menyarankan kepada perempuan yang sudah menginjak usia 30 tahun ke atas untuk mulai beralih memakai produk-produk perawatan kulit anti aging. Kandungan seperti BHA (beta hydroxy acid), baik untuk kulit normal cenderung berminyak. Sedangkan AHA juga membantu kelembaban dan meningkatkan produksi kolagen yang sehat, serta memperhalus tekstur kulit yang tidak merata. 

Ada juga Retinol, zat yang terbuat dari vitamin A. Secara sederhana, fungsi retinol ini menyingkirkan sel-sel kulit mati pada wajah dengan cara pengelupasan kulit. Niacinamida atau niasin merupakan sel vitamin B3 yang banyak ditemukan dalam daging, ikan susu, telur, sayuran hijau, pada sumber makan. Komponen ini vitamin B3 telah terbukti meningkatkan ceramide dan kadar bebas asam lemak di kulit. 

Ilustrasi awet muda (Unsplash/@kalvisuals)

Kandungan lain biasanya terdiri dari aneka vitamin yang baik untuk kulit, seperti vitamin E dan C. Krim anti-aging yang bagus harusnya mengandung zat antioksida dengan tujuan mencegah keriput, memperbaiki kerusakan jaringan kulit, serta menangkat radikal bebas dari polusi udara sehari-hari. Kandungan antioksidan yang banyak ditemui antara lain terdapat pada teh hijau dan esktrak biji anggur. 

Ada pun produk yang memiliki manfaat membuat kulit awet muda bisa diperoleh dari masker wajah dengan berbagai jenis seperti buah-buahan dan bahan alami lainnya.

Untuk menjaga penampilan selalu awet muda rahasianya mudah. Banyak sekali makanan, minuman, serta ramuan alami yang dipercaya dapat membuat kulit wajah selalu awet muda.

Minuman

Air mineral, teh, kopi, air kelapa, dan yogurt. Sekitar 65 persen tubuh ialah cairan. Maka menjaga tubuh tetap terhidrasi sangatlah penting. Minum air putih  membantu kita membuang racun berbahaya dari tubuh dan membuat kita terlihat segar dan muda.

Sementara, teh hijau kaya akan antioksidan anti-penuaan yang membantu mencegah keriput muncul dengan meningkatkan pergantian sel. Kafein yang ada di kopi berfungsi melindungi tubuh terhadap peradangan kronis, masalah umum seiring bertambahnya usia. Minum kopi juga menurunkan risiko kanker kulit.

Ilustrasi minuman sehat ((Unsplash/@sanjip_kadel)

Makanan

Salah satu jenis makanan yang harus dihindari agar dapat selalu awet muda ialah junk food. Makanan instan ini dibuat dari bahan-bahan instan juga, di samping itu juga terdapat kandungan pengawet makanan.

Pakar kesehatan terkemuka menyarankan untuk banyak mengonsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan biji-bjian agar tubuh selalu bugar dan awet muda. Gandum, tomat merah, pepaya, jeruk, bayam, alpukat, salmom, dan daging tanpa lemak sangat dianjurkan. Serta menjalankan pola makan sehat dengan takaran gizi seimbang.

Ilustrasi makanan sehat (Unsplash/@annapelzer)

Aktivitas

Selain mengonsumsi makanan dan minuman, aktivitas sehari-hari juga sangat membatu seseorang untuk selalu segar, bugar, dan awet muda. Tidur cukup yakni 6-8 jam sehari, rajin berolahraga, bagun pagi hari, bersosialisasi, me time, dan berpikir positif menjadi kunci selalu awet muda.

Ilustrasiyoga (Unsplash/@barcelocarl)

Islami

Selain cara-cara alami, berbagai rangkaian ibadah secara Islam dapat membatu seseorang awet muda. Lantas, bagaimana cara agar awet muda menurut Islam? Berbagai kajian Islam dan ilmiah telah membuktikan.

Peneliti dari Austria yaitu Prof Leopold Werner von Ehrenfels, seorang psikiater dan sekaligus neurology, memaparkan hasil kajiannya tentang wudhu.

Wudhu merupakan salah satu syarat wajib bagi umat islam sebelum melakukan ibadah sholat, hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh. Namun, dibalik itu ternyata wudhu mempunyai manfaat yang luar biasa untuk kecantikan kulit.

Didalam penelitiannya saat wudhu, pusat-pusat syaraf yang ada di sebelah dahi, tangan dan kaki sangat sensitif terhadap air segar sehingga hal ini bisa mempengaruhi pusat-pusat syaraf tersebut dan tentunya berdampak pada kesehatan kulit yang tersentuh oleh air wudhu.

Selain itu senyum. Dalam ajaran Islam, ayat Al Qur’an tentang membahagiakan orang lain yakni dengan senyum, selain tersenyum merupakan salah satu perbuatan baik, tersenyum juga dianggap sedekah. Sabda Rasulullah SAW: “Senyummu untuk saudaramu adalah (berpahala) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi).

Ilustrasi awet muda (Unsplash/@febrisym)

Selain itu, minyak zaitun yang banyak di sebutkan di beberapa ayat Alquran, juga memiliki khasiat yang baik untuk wajah. Manfaatnya sangat luar biasa karena bisa menjaga kelembapan wajah dan mengatur kadar minyak di wajah. 

Islam juga menganjurkan untuk melakukan ibadah seperti puasa, sedekah, sholat, sabar, senang, bersyukur, dan berpikir positif.

Rekomendasi