Simple Banget, 6 Cara Mudah Mengatasi Jerawat dari dr. Richard Lee

| 25 Feb 2021 18:15
Simple Banget, 6 Cara Mudah Mengatasi Jerawat dari dr. Richard Lee
Ilustrasi wajah berjerawat (unsplash/ armedshuttler)

ERA.id - Jerawat memang sudah menjadi masalah pada kulit wajah yang mungkin semua orang pernah merasakannya. Dengan wajah berjerawat, tak jarang orang menjadi tidak percaya diri akan penampilannya.

Bagi kamu pejuang untuk menyembuhkan jerawat, dr. Richard Lee membagikan tips mudah untuk mengatasinya melalui channel YouTubenya. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk, simak langsung ringkasannya.

1. Mulailah perawatan sedini mungkin

Tips pertama yang dibagikan oleh dr. Richard Lee adalah memulai perawatan muka sedini mungkin dan jangan menunggu sampai masalah kulit berjerawat menjadi parah. Ia mengungkapkan untuk merawat wajah berjerawat tidak dibatasi oleh usia. Jika sudah memiliki masalah tersebut, langsung obati dengan perawatan ataupun penggunaan skin care.

“Umur berapa pun kalo kamu bermasalah, ya diobatin masalahnya. Ya 13 tahun sudah jerawatan, ya diobatin. Mulailah sedini mungkin,” ujar dr. Richard Lee.

2. Rajin cuci wajah

Selanjutnya adalah tips yang paling mendasar dan sangat penting, yaitu rajin mencuci wajah. Usahakan untuk mencuci wajah dengan sabun wajah yang tepat dan yang sesuai dengan permasalahan kulit yang sedang dihadapi. Jika kulit kering gunakan sabun wajah yang bisa melembabkan atau yang kaya akan moisturizer. Jika wajah berjerawat pakailah sabun wajah yang ada formula anti acne, atau yang mengandung tea tree dan AHA.

 unsplash/ curology

Dr. Richard Lee mengatakan untuk mencuci wajah cukup dua kali dalam sehari. Jika mencuci wajah keseringan akan membuat wajah kering, dan bisa membuat jerawat makin banyak.

“Cucilah wajah cukup dua kali sehari, pagi dan malam hari. Jangan berlebihan karena akan buat kulit kering, sensitif, dan kadang-kadang malah membuat jerawat tambah banyak,” kata dr.Richard Lee.

3. Jangan merasa takut untuk diobatin

Tips selanjutnya dari dr. Richard Lee adalah jangan pernah merasa takut berobat untuk mengatasi jerawat. Jika dikasih treatment untuk pengobatan jerawat jalani saja dan jangan merasa kalau pengobatan tersebut belum sesuai untuk usia. Bagian terpenting untuk menjalani pengobatan jerawat adalah datang ke ahlinya dan ke tempat yang benar.

“Yang penting nyembuhin benar. Jangan di tempat yang nggak benar,” ucap dr. Richard Lee.

4. Jaga makanan

Untuk makanan yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan untuk mengatasi permasalahan jerawat. Menurut dr. Richard Lee jenis makanan sangat berpengaruh ke hormonal tubuh. Hormonal menyebabkan kelenjar sebum jadi lebih aktif yang bisa menimbulkan jerawat.

“Hormonal menyebabkan kelenjar sebumnya tambah aktif dan bisa nyebabin jewarat kamu. Jadi makanan penting banget” kata dr. Richard Lee.

Adapun makanan yang harus dihindari agar tak menimbulkan jerawat wajah adalah makanan manis, seperti boba, kue, donat.

ilustrasi donat: unsplash/ patrickian4

5. Istirahat yang cukup

Tips yang satu ini sangat penting untuk dilakukan secara teratur dan rutin. Usahakan untuk tidur cukup yaitu selama tujuh jam. Jika tidur dengan cukup akan membuat hormon menjadi stabil, yang tentunya akan membantu mengurangi timbulnya jerawat.

“Istirahat yang cukup. Kadang-kadang begadang sampai tengah malem, main game, chattingan, video call, tapi ngarepnya jerawatnya hilang. Gak mungkin,” ucap dr. Richard Lee.

6. Jangan coba-coba yang gak jelas

Dr. Richard Lee menyarankan untuk jangan pernah mencoba sesuatu yang tidak jelas dan belum ada kepastiannya. Ia juga mengatakan jangan mengikuti semua hal yang tersebar di internet untuk mengatasi jerawat. Kebanyakan mencoba sesuatu yang tidak terbukti bagus untuk wajah akan berdampak merusak skin barrier atau lapisan kulit wajah bagian luar.

“Buka google, blog ini bilang ini. Pakai pasta gigi untuk hilangin komedo. Pakai madu, pakai cuka apel. Terlalu banyak coba-coba akan merusak skin barrier kamu dan gak baik untuk kulit kamu. Konsultasilah ke tempat yang tepat,” tutup dr. Richard Lee.

unsplash/ arwinneil

Itulah beberapa tips menghadapi jerawat dari dr. Richard Lee. Semoga berhasil untuk para pejuang jerawat!

Rekomendasi