Profil Norman Kamaru: Lepas Jabatan Polisi Demi Jadi Artis Malah Berakhir Nestapa

Tim Editor

Briptu Norman Kamaru saat masih menjadi polisi

ERA.id - Mantan polisi Norman Kamaru sudah beberapa tahun jarang terdengar kabarnya. Terakhir, ia ramai dibincangkan sewaktu menjual bubur dan sempat dikabarkan bangkrut.

Kini ia marak dibincangkan lagi usai dirinya mengubah penampilan juga mengubah namanya menjadi Onca Marthinus.

Untuk mengingat sosok unik yang pernah bertugas menjadi aparat negara ini, ada baiknya kita mengenal profil singkat pria yang kerap disapa Oman tersebut.


Norman Kamaru atau Oman lahir pada 27 November 1985. Di Gorontalo, ia pernah menjadi Brigade Mobil (Brimob) dan mendapat pangkat Briptu. Orang-orang dulunya mengenal dia sebagai Briptu Norman.

Dulu ia diperhatikan banyak orang sebab melakukan video lipsync lagu India 'Chaiya Chaiya'. Video itu dibuat untuk menghibur rekan kerjanya ketika ia menjalani tugas jaga di Pos Jaga Brimob Polda Gorontalo.

Saat videonya meledak dan jadi perbincangan di mana-mana, ia tenar. Ditawari berkarier di dunia hiburan, Norman mengiyakan. Ia pun mundur dari duni kepolisian.

Lama-kelamaan, pilihannya menjadi artis berbuah lara. Lagunya yang diproduksi sebuah perusahaan rekaman, belakangan kurang laku di pasaran. Dulunya suka dipanggil ke tv, akhirnya tidak lagi.

Video itu berjudul Polisi Gorontalo Menggila dan berdurasi 6 menit 30 detik. Isinya seperti yang kita ketahui bersama, jogetnya menggemparkan masyarakat.



Keluarga Oman

Oman adalah anak pasangan Idris Kamaru dan Halimah Martinus. Ia paling bungsu di antara sembilan saudara. Barangkali dari sinilah, Onca Martinus dipakai sebagai nama lain dari Norman.

Sang ibu, Halimah Martinus, diketahui berdarah Ambon dan tinggal di Jalan Pancawardana, Kelurahan Padebuolo, Kecamatan Kota Timur, Kota Gorontalo.

Pemberhentian

Norman melepas jabatan Brimob karena dipecat pada 6 Desember 2011 silam. Pemecatan itu keluar usai dilakukan sidang kode etik oleh Direktorat Profesi dan Pengamanan Polda Gorontalo.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Indonesia Nomor 1 Tahun 2003 tentang Pemberhentian Anggota Polri, Norman dinilai melanggar disiplin karena meninggalkan tugas selama 84 hari berturut-turut tanpa alasan jelas.

Pro dan kontra

Video "Chaiyya Chaiyya" Norman menuai pro dan kontra. Polri sempat akan memberi sanksi karena Norman dinilai kurang menjaga kehormatan institusi sebab menggunakan seragam dinas dalam video tersebut, namun urung dilaksanakan karena kuatnya dukungan publik.

Yang jadi masalah kemudian, banyak yang menyesalkan tingkah Norman, karena merokok saat bertugas dan menggunakan tindik di lidah. Namun semuanya seakan terlupakan dengan aksi positif Norman kala itu.



Hadiah

Universitas Bung Karno secara khusus memberikannya beasiswa kuliah Program Strata-1 Jurusan Hukum dan sebuah sepeda motor karena dianggap telah berjuang memberikan pencitraan baik kepolisian di mata masyarakat Indonesia.
Norman Kamaru juga menjalani sejumlah roadshow yang bertujuan menciptakan citra polisi yang humanis sebagai pelayan sekaligus pengayom masyarakat.

Vakum

Usai dipecat dari Brimob Polda Gorontalo, karier pria yang pernah bermain peran dalam film Xia Aimei (2012) ini pun meredup.

Perlahan-lahan ia kurang diperhatikan lagi. Ekonominya langsung terdampak saat itu. Waktu itu, ia banting setir berjualan bubur Manado di kawasan Jakarta untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Belakangan, ia dikabarkan bangkrut.

Tag: viral polisi brimob norman kamaru penampilan baru norman kamaru norman kamaru pirang profil norman kamaru

Bagikan: