Kaesang Ikuti Gladi Bersih, Apa Itu Gladi Bersih Pernikahan dan Manfaatnya?

| 09 Dec 2022 08:15
Kaesang Ikuti Gladi Bersih, Apa Itu Gladi Bersih Pernikahan dan Manfaatnya?
Kaesang Pangarep melakukan gladi bersih pernikahan (antaranews)

ERA.id - Pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono digelar pada Sabtu, 10 Desember 2022. Pada Selasa, 6 Desember 2022, Kaesang mengikutip gladi resik (GR) atau gladi bersih. Apa itu gladi bersih?

Berdasarkan KBBI, gladi bersih adalah pelatihan umum yang terakhir kali dilakukan sebelum pelaksanaan atau pementasan pada acara sesungguhnya (penampilannya menyerupai pelaksanaan (pementasan) yang sesungguhnya). Dalam kaitannya dengan pernikahan, Kaesang melakukan pelatihan terkahir sebelum dilaksanakannya acara pernikahan.

Gladi Bersih Pernikahan Kaesang dengan Erina

Kaesang Pangarep dalam gladi bersih pernikahan di Royal Ambarukmo (antaranews)

Dikutip Era dari Kompas TV, dalam gladi bersih tersebut, Kaesang mengenakan jarik, kaus hitam, topi, dan kacamata. Gladi bersih dilaksanakan di Pendopo Royal Ambarrukmo pada pukul 09.00 WIB.

Kakak pertama Erina Gudono yang nantinya menjadi wali nikah Erina, Allen Gudono, juga mengikuti gladi bersih tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Kaesang fokus mendengarkan arahan singkat yang diberikan oleh pihak wedding organizer (WO) pernikahan Kaesang-Erina, Pengantin Production. Beberapa arahan terkait iringan pengantin hingga akad nikah.

Berdasarkan gladi bersih tersebut, acara diawali dengan penyambutan oleh keluarga Erina Gudono kepada rombongan keluarga Kaesang Pengarep. Nantinya, Kaesang akan didampingi oleh Presiden Joko Widodo dan Iriana, orang tua Kaesang.

Atas dasar berbagai macam hal, dalam gladi bersih pernikahan tersebut peran anggota keluarga lain dilakukan oleh pemeran pengganti. Pemilik Pengantin Production, Dani Wigung, memberikan penjelasan terkait gladi bersih.

"Kami WO akan membantu blocking karena yang hadir di gladi di sini tidak real (menggunakan pemeran pengganti), kalau tidak begitu nanti repot," terang Dani di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo.

Beberapa hal dalam rangkaian acara pernikahan Kaesang-Erina yang diketahui dari gladi bersih adalah prosesi penyambutan, akad nikah, tukar cincin, dan pecah telur. Gladi bersih pernikahan Kaesang-Erina berakhir pada pukul 10.30 WIB. Untuk diketahui, prosesi pernikahan Kaesang-Erina dimulai pada 8 Desember 2022, diawali dengan semaan Al-Qur’an.

Pentingnya Gladi Bersih

Pernikahan merupakan kegiatan yang sakral. Hal tersebut kadang tidak hanya terkait agama, tetapi juga budaya. Dalam adat pernikahan tertentu, misalnya Jawa, terdapat pakem yang harus diikuti dengan baik dan benar.

Dalam kaitannya dengan gladi bersih pernikahan, pelatihan terakhir ini menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan agar prosesi pernikahan bisa berjalan dengan lancar. Orang-orang yang nantinya terlibat dalam prosesi pernikahan perlu memahami tata cara dan makna dari tata cara tersebut.

Selain itu, menjalankan prosesi pernikahan butuh latihan. Selain bukan kegiatan yang biasa dilakukan, kesakralan acara pernikahan tak jarang membuat orang grogi dan blank atau lupa. Gladi resik memiliki fungsi untuk mencegah hal tersebut terjadi sehingga prosesi pernikahan bisa berjalan dengan lancar, baik, dan benar.   

Rekomendasi