Beberapa Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang dan Erina, Usung Konsep Mataram Islam

| 06 Dec 2022 20:02
Beberapa Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang dan Erina, Usung Konsep Mataram Islam
Kaesang Pangarep bersama calon istrinya, Erina Gudono menggunakan baju adat Jawa menjelang pernikahan pada Sabtu 10 Desember. (Instagram @erinagudono)

ERA.id - Masyarakat Indonesia menerima kabar bahagia saat ini, yaitu pernikahan Kaesang Pangarep dan kekasihnya, Erina Gudono. Acara tersebut rencananya akan dilangsungkan pada hari Sabtu 10 Desember 2022 di Yogyakarta, kota Erina dibesarkan.

Semua persiapan pun sudah dilakukan untuk perhelatan pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut. Gambaran rangkaian acaranya juga sudah diumumkan oleh pihak-pihak penyelenggara. Lantas, seperti apa rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina nanti?

Dirangkum dari beberapa sumber, simak bocoran rangkaian acara pernikahannya di bawah ini.

1. Lokasi dan rangkaian acara

Suasana Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sleman,Daerah Istimewa Yogyakarta/ANTARA

Pernikahan Kaesang dan Erina dikabarkan akan diselenggarakan di Pendopo Royal Ambarrukmo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Acara tersebut akan digelar pada hari Sabtu 10 Desember 2022 pukul 13.00 WIB.

Royal Ambarrukmo adalah bangunan warisan bekas Kediaman Istana Kerajaan dan saksi di masa hari kemerdekaan Indonesia. Bangunan ini menunjukkan karya arsitektur Jawa otentik pada abad ke-18.

Ada tujuh area yang terdapat di dalam kompleks Royal Ambarrukmo atau Kedhaton Ambarrukmo, antara lain Pendopo Agung, Ndalem Ageng, Gandhok, Bale Kambang, Pacaosan, dan Alun-alun.

Berdasarkan keterangan dari Dani Wigung sebagai perwakilan wedding organizer (WO), rangkaian pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono akan diawali pada hari Kamis 08 Desember 2022.

Rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina sejak 8-10 Desember 2022 antara lain sebagai berikut:

Kamis, 8 Desember

Pukul 12.00 WIB: Semakan Al-Qur'an di rumah Erina.

Pukul 15.00 WIB: Pengajian.

Jumat, 9 Desember

Pagi: Upacara pasang bleketepe tuwuhan, siraman di rumah Erina.

Malam: Midodareni yang bakal dihadiri Jokowi.

Sabtu, 10 Desember

Pukul 12.30 WIB: Akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo.

2. Konsep acara yang dilangsungkan

Tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan dilangsungkan di Loji Gandrung Solo dengan membawakan tema atau konsep Mataram Islam. Konsep tersebut dipilih tak terlepas dari Kaesang sebagai putra Kota Solo dan Erina yang merupakan orang Yogyakarta.

"Jadi tema yang kita angkat adalah Mataram Islam, di sini semua bentuk ornamen kita ambil dari Mataram Islam antara Yogya dan Solo," jelas Ranu Asmoro, Pemilik Asmoro Decoration, saat ditemui di workshop-nya di Colomadu, Karanganyar.

Konsep Mataram Islam yang diambil adalah konsep flora dan faunanya. Ranu mengungkapkan, untuk Solo diambil dari faunanya, sedangkan Yogya akan ditentukan dari ornamen flora.

Untuk gebyok atau background selanjutnya akan dilengkapi dengan bunga-bunga. Nantinya akan terdapat bunga anggrek, casablanca, baby breath dan material daun yang lain. Ranu menjelaskan, semua nuansa akan berwarna putih.

Menurutnya, lokasi pelaminan akan dilangsungkan di teras Loji Gandung. Selanjutnya, akan terdapat panggung yang berbentuk letter L yang menghubungkan pelaminan ke halaman.

"Panggung level gitu seperti huruf L. Di mana di situ nanti pengantin dan juga orang tua berjalan menuju ke kereta kencana dari dua kereta kencana dari dalam Loji Gandrung," papar Ranu.

Demikianlah ulasan mengenai rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina. Bagi kamu yang tinggal di Jogja, punya niat untuk datang?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…  

Rekomendasi