Mengenal Apa Arti Gong Xi Fa Cai yang Kerap Muncul pada Momen Imlek

| 16 Jan 2023 18:03
Mengenal Apa Arti Gong Xi Fa Cai yang Kerap Muncul pada Momen Imlek
Ilustrasi ucapan selamat Imlek (freepik)

ERA.id - Tahun baru China atau Imlek jatuh pada Minggu, 22 Jannuari 2023. Momen ini tidak hanya berisi tradisi Imlek tertentu, tetapi juga ada ucapan yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu adalah gong xi fa cai. Sebenarnya, apa arti gong xi fa cai?

Ini memang bisa menjadi sebuah ungkapan yang tepat untuk diucapkan pada momen tahun baru China. Namun, Anda perlu tahu bahwa artinya bukanlah ‘selamat tahun baru’.

Mengenal Apa Arti Gong xi fa cai

Jika Anda merasa ungkapan gong xi fa cai adalah ucapan selamat tahun baru China, berarti Anda telah terjebak dalam salah kaprah. Dikutip Era dari The Star, gong xi fa cai sebenarnya memiliki makna harfiah ‘selamat mendapatkan lebih banyak kekayaan atau kemakmuran’.

Lampion, salah satu ornamen dalam Imlek (antaranews)

Hal tersebut disampaikan oleh dosen senior Departemen Chinese Studies Universitas Malaya, Prof. Dr. Yam Kah Kean. Menurutnya, ada yang percaya bahwa ungkapan gong xi fa cai lebih fokus pada keuntungan materi dibandingkan semangat kebersamaan Imlek. Oleh sebab itu, cukup banyak pihak yang lebih suka menggunakan ucapan xin nian kuai le, yang artinya ‘selamat tahun baru’ pada momen Imlek

Dari hal tersebut, tampaklah bahwa sebenarnya gong xi fa cai lebih tepat disebut sebagai doa yang berkaitan dengan materi. Sementara, xin nian kuai le menjadi ucapkan selamat tahun baru Imlek yang tidak berkaitan dengan keuangan, finansial, atau materi. Arti dari kuai le adalah ‘bahagia atau gembira’, sedangkan xin nian artinya ‘tahun baru’.

Gong xi fa cai adalah ucapan yang populer di Indonesia sebab sebagian besar etnis Tionghoa di Indonesia adalah pebisnis. Ucapan tersebut digunakan oleh para orang-orang tersebut kepada kerabat dan sanak famili agar bisnis yang dijalankan semakin berhasil atau sukses—mendatangkan kekayaan.

Masyarakat Indonesia zaman dahulu kemungkinan lebih sering mendengar ucapan gong xi fa cai dari orang etnis Tionghoa dibandingkan ucapan selamat tahun baru. Oleh sebab itu, gong xi fa cai dianggap sebagai ucapan selamat tahun baru Imlek.

Mengenal Sejarah Gong xi fa cai

Dilansir detikcom, ucapan gong xi fa cai memiliki kisah sejarah tersendiri. Awalnya terkait kata gong xi yang memiliki arti ‘selamat’. Dahulu, hal tersebut tidak berkaitan secara langsung dengan ucapan selamat Imlek, melainkan keberhasilan penduduk China untuk selamat setelah terhindar dari binatang buas bernama nian.

Nian merupakan binatang buas yang mengejar masyarakat Tiongkok, termasuk anak-anak. Ketika akhirnya masyarakat Tiongkok berhasil selamat dan mengusir nian, mereka mengucapkan selamat.

Sementara, sejarah kata fa cai berkaitan dengan kesejahteraan atau kemakmuran. Seiring membaiknya harapan kesejahteraan, kata gong xi kemudian disertai dengan kata fa cai.

Itulah penjelasan dari apa arti gong xi fa cai yang kerap digunakan oleh masyarakat Indonesia saat momen Imlek atau tahun baru China. Meski tidak bermakna ucapan selamat tahun baru, gong xi fa cai bisa diucapkan sebagai sebuah doa pada awal tahun (penanggalan China). 

Rekomendasi