Pemkab Tangerang Bakal Bangun Sumur Resapan di Exit Tol Bitung, Bupati: Banjir Kemarin Kejadian Luar Biasa

| 20 Nov 2022 16:35
Pemkab Tangerang Bakal Bangun Sumur Resapan di Exit Tol Bitung, Bupati: Banjir Kemarin Kejadian Luar Biasa
Banir di Exit Tol Bitung, Kabupaten Tangerang (Muhammad Iqbal/Era)

ERA.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang bakal melakukan perbaikan infrastruktur untuk meminimalisasi banjir di pintu keluar Tol Bitung, sebab belum bisa berbuat lebih karena kewenangan terbatas. Tahun 2023 mendatang akan dibangun sumur resapan.

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar menyebutkan banjir yang terjadi di pintu keluar Tol Bitung merupakan kejadian luar biasa. Agar tidak terulang, pihaknya tengah mencari solusi agar kejadian tersebut tidak berlarut-larut.

"Banjir kemarin sangat luar biasa sekali. Kita kumpulkan seluruh stakeholder terkait penanganan banjir di Tol Bitung. Kita sama-sama berkolaborasi untuk memecahkan masalah," ujar Zaki, Minggu (20/11/2022).

Menurut Zaki, banjir kemarin tidak hanya terjadi di Tol Bitung, tapi juga melanda di wilayah lain di Kabupaten Tangerang. Meski demikian, dirinya tidak akan menyalahkan instansi dari manapun terkait banjir yang terjadi berhari-hari tersebut.

"Tidak hanya terjadi di Desa Kadu, Kecamatan Curug, dan pintu keluar Tol Bitung saja, namun juga melanda wilayah lainnya. Kita tidak mau saling tuduh, saling menyalahkan tapi paling tidak langkahnya nanti konkret dan jelas agar tidak terjadi lagi di masa yang akan datang,"

Zaki menuturkan pihaknya telah memberikan bantuan kepada para masyarakat terdampak melalui kecamatan dan organisasi perangkat daerah (OPD) untuk membantu meringankan masyarakat. Sedangkan untuk perbaikan infrastruktur untuk meminimalisasi banjir, pihaknya belum bisa berbuat lebih karena kewenangan terbatas.

"Penanganan jangka pendek kita sepakat, akan mencoba buat sumur resapan di kawasan pemukiman yang sedang terkena banjir. Jadi kita masing-masing bekerja saling membantu untuk meminimalisir daerah rawan banjir ini. Mudah-mudahan 2023 bisa segera dikerjakan," jelasnya.

Rekomendasi