Dipakai Venue Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina, Pura Mangkunegaran Diserbu Wisatawan saat Libur Nataru

| 27 Dec 2022 22:13
Dipakai Venue Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina, Pura Mangkunegaran Diserbu Wisatawan saat Libur Nataru
Pura Mangkunegaran yang didatangi wisatawan, Solo (Amalia Putri/Era)

ERA.id - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono menggunakan Pura Mangkunegaran sebagai venue resepsi pernikahan. Walhasil, banyak wisatawan yang penasaran dan ingin melihatnya.

Di momen libur natal dan tahun baru (nataru) ini para wisatawan mendatangi salah satu pusat budaya di kota Solo tersebut. Mereka sudah mengantre di pintu masuk utama dan disambut oleh abdi dalem yang memandu mereka di dalam pura.

Salah seorang Abdi Dalem Perpustakaan Reksa Pustaka Mangkunegaran, Darweni tidak menampik jika ada wisatawan pada libur Nataru ini banyak wisatawan yang berkunjung di Pura Mangkunegaran. Jumlahnya sekitar ratusan pengunjung.

”Mereka datang dari berbagai daerah,” ucapnya pada Selasa (27/12/2022).

Ia mengatakan Pura Mangkunegaran ini di masa libur Nataru membuka kelas menulis dan membaca aksara Jawa. Program ini merupakan salah satu dari serangkaian acara yang diadakan khusus di Pura Mangkunegaran selama libur Nataru.

”Kelas perkenalan untuk membaca dan menulis aksara Jawa. Sehingga bisa menarik wisatawan dari berbagai kota, mulai dari Bandung hingga Ambon. Solo sendiri juga ada,” ucapnya.

Kelas pelajaran menulis dan membaca aksara Jawa ini merupakan yang pertama kali diadakan oleh Pura Mangkunegaran. Kelas diadakan mulai 26-30 Desember-2022 mulai pukul 13.00 WIB- 15.00 WIB dengan satu sesi.

“Untuk mendaftar, peserta bisa langsung datang ke Pura Mangkunegaran, atau bisa juga menghubungi terlebih dahulu,” ucapnya.

Salah seorang wisatawan asal Bandung, Mahmudi (44) mengaku datang ke Puro Mangkunegaran bersama keluarga. Ia penasaran dengan Pura Mangkunegaran setelah dijadikan lokasi pernikahan Kaesang dan Erina.

”Ini baru kali pertama saya berkunjung Puro Mangkunegaran. Penasaran setelah dijadikan venue pernikahan Kaesang dan Erina. Ternyata bagus, selama ini di Solo hanya tahu Keraton Surakarta,” katanya.

Rekomendasi