Debat Perdana Pilwalkot Makassar 2024 Memanas, Ini Kronologinya

| 27 Oct 2024 14:30
Debat Perdana Pilwalkot Makassar 2024 Memanas, Ini Kronologinya
Empat pasangan calon Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar di salah satu hotel di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (23/9/2024). (Antara)

ERA.id - Pendukung paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar 2024 hampir terlibat ketegangan saat sesi pemaparan visi dan misi dalam debat perdana Pilwalkot Makassar di Hotel Dalton, Makassar. Berkat kesigapan tim keamanan, potensi kericuhan berhasil diredam.

Momen tegang terjadi usai paslon nomor urut 2, Andi Seto Gadhista Asapa dan Rezki Mulfiati Lutfi, menyampaikan visi dan misinya pada segmen awal. Sorakan semangat pun terdengar dari tim pendukungnya.

Namun, tim paslon nomor urut 1, Munafri Arifuddin dan Aliyah Mustika Ilham, tampak tidak senang dengan kehadiran alat pengeras suara yang dibawa pendukung Seto-Rezki. Beberapa anggota tim Appi-Aliyah bahkan terlihat hendak mendekati area pendukung Seto-Rezki.

Petugas keamanan yang berada di lokasi segera mengambil langkah sigap untuk menenangkan kedua belah pihak. Pendukung masing-masing paslon kemudian diminta kembali ke tempat duduk mereka dan menjaga suasana tetap kondusif.

Beberapa kali kegaduhan terjadi lantaran pendukung paslon nomor 1 dan 2 terus-menerus berteriak yang membuat paslon nomor urut tiga Indira Jusuf Ismail dan Ilham Ari Fauzi Amir tak melanjutkan sepatah katanya.

Debat perdana ini diselenggarakan oleh KPU Makassar, menghadirkan empat paslon yang bertarung dalam Pilwalkot Makassar 2024.

Paslon nomor urut 1 adalah Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (MULIA), diikuti paslon nomor urut 2 Andi Seto Gadhista Asapa-Rezki Mulfiati Lutfi (SEHATI), paslon nomor urut 3 Indira Jusuf Ismail-Ilham Ari Fauzi Amir Uskara, serta paslon nomor urut 4 Amri Arsyid-Abdul Rahman Bando (AMAN).

Rekomendasi