Sedih! Uang Rp15 Juta Nurhaya Dimakan Rayap, Ditukar ke Bank Hasilnya Begini!

Tim Editor

Uang Nurhaya yang dimakan rayap (Instagram)

ERA.id - Uang Rp15 juta milik seorang ibu bernama Nurhaya yang tinggal di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, robek dimakan rayap. Kejadian itu membuat banyak warganet sedih.

Untuk apa uang Rp15 juta yang disimpan Nurhaya itu sebenarnya? Kata Nurhaya, ia berencana merenovasi rumahnya. Selama 3 tahun, ia menyimpan uang yang berujung dimakan rayap itu, di dalam lemarinya.

Nurhaya mengaku dirinya telah mengumpulkan uang selama setahun terakhir. Betapa terkejutnya Nurhaya saat melihat uang pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu miliknya sudah tidak layak pakai.

"Sarung ini juga dimakan rayap," terang Nurhaya saat berada di samping lemari tempat penyimpanan uangnya, beserta sarung yang disimpan tak jauh dari uang Rp15 juta tersebut.

Setelah itu, bagaimana langkah Nurhaya? Dilansir Kompas, Nurhaya membawa uang tersebut ke bank. Dia berharap uangnya bisa ditukar dengan uang baru agar bisa digunakan bertransaksi. Hasilnya, pihak bank hanya bisa mengganti uang tersebut dengan besaran Rp900 ribu dari total Rp15 juta yang dimakan rayap.

Menanggapi hal itu, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mengimbau agar kejadian tersebut menjadi pembelajaran yang sangat berarti. "Apalagi uangnya cukup besar yakni Rp 15 juta sebaiknya disimpan di bank. Sayang sekali uang yang tadinya akan digunakan untuk merenovasi rumah, kini dimakan rayap dan tidak bernilai lagi," tutur Sekretaris Lembaga LPS Muhamad Yusron, Kamis (7/1/2021). 

Yusron menjelaskan, menyimpan uang di bank sangat aman. Apalagi uangnya bisa diambil kapan saja. "Nabung di bank dijamin oleh kami LPS dengan maksimal tabungan Rp 2 miliar. Jadi, kalau banknya bangkrut atau ditutup, kami yang akan jamin, pastinya lebih aman," ucapnya.

Tag: viral uang kertas uang dimakan rayap

Bagikan: