Inovasi Pejabat Ponorogo: Cat Kuburan Sampai Nyentrik, Demi...

| 17 Mar 2021 19:00
Inovasi Pejabat Ponorogo: Cat Kuburan Sampai Nyentrik, Demi...
Demi mempercantik desa, dua kompleks kuburan di Desa Karangjoho, Kecamatan Badegan, Ponorogo, dicat warna-warni.

ERA.id - Demi mempercantik desa, dua kompleks kuburan di Desa Karangjoho, Kecamatan Badegan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, dicat warna-warni. Hasilnya, kuburan itu tampak nyentrik. Bukan cuma itu saja, lingkungan sekitar makam tampak bersih dan rapi.

"Awalnya hanya spontanitas saja di desa kami memang sesuai dengan arahan Pak Bupati melalui Surat Pak Camat untuk mencanangkan desa indah dan elok," tutur perangkat Desa Karangjoho, Diki Mardiansyah dikutip dari detikcom, Selasa (16/3/2021) kemarin.

Awalnya hanya bekerja bakti saja hingga bersih-bersih, sampai di makam, para pemuda mencetuskan ide untuk mengecat kuburan. "Sebab makam ini sudah lama otomatis banyak batu nisan yang sudah kusam. Akhirnya dicat supaya kelihatan bersih," jelas Diki.

Niat tersebut makin kuat setelah warga menemukan beberapa batu nisan sudah rusak. Akhirnya, ahli waris dihubungi untuk membenahi. "Sehingga nanti kelihatan rapi semua," imbuh Diki.

Berapa lama pengerjaan cat kuburan itu? Diki mengaku, menghabiskan waktu selama dua minggu. Alasannya, banyak tanaman liar dan rumpun bambu yang tumbuh di sekitar makam. Itu semua dibersihkan warga.

Disinggung soal protes warga terkait pengecatan kuburan, menurut Diki belum ada. Justru masyarakat setempat mendukung. "Selama ini belum ada yang protes, semua mendukung," pungkas Diki.

Rekomendasi