Bayi di Medan Idap Penyakit Langka Atresia Bilier, Bobby Perintahkan Segera Dirawat

| 08 Oct 2021 10:20
Bayi di Medan Idap Penyakit Langka Atresia Bilier, Bobby Perintahkan Segera Dirawat
Bayi Aiyla, penderita penyakit langka tiba di RSUP Haji Adam Malik (Istimewa)

ERA.id - Seorang bayi di Kecamatan Medan Area, Kota Medan, mengidap penyakit langka Atresia Bilier atau penumpukan cairan empedu. Kondisinya lemah dengan perut yang terus membengkak.

Bayi berumur tujuh bulan itu bernama Aiyla Adisty Hidayah. Anak bungsu dari pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27), warga Jalan Medan Area Selatan, Gang Mulia Medan, Sumatera Utara.

Rahmat dan Olivia sempat membawa buah hatinya itu ke salah satu dokter spesialis anak dan mengetahui jika Aiyla menderita penyakit langka. Sempat terkendala dengan BPJS yang tidak bisa selesai dengan cepat, akhirnya Aiyla bisa dirawat di RSUD dr Pirngadi Medan.

Namun, lantaran penyakit yang diidapnya merupakan penyakit langka dan butuh penanganan serius, pihak keluarga diminta membawa Aiyla ke RSUP Haji Adam Malik yang peralatannya sudah lengkap. Lagi-lagi terkendala BPJS, sementara biaya perawatan untuk kesembuhan Aiyla mencapai Rp1 miliar.

Harapan kesembuhan bayi Aiyla hampir pupus. Cerita kondisi bayi Aiyla sampai ke telinga Bobby Nasution. Dia langsung menghubungi Camat Medan Area dan Kepala Dinas Kesehatan untuk membawa sang bayi ke RSUP Haji Adam Malik Medan.

"Saya dapat laporan ada bayi sakit gangguan hati. Masalahnya BPJS-nya belum siap jadi terkendala administrasi. Saya sudah minta Dinkes membantu," kata Bobby Nasution, Kamis (7/10/2021) malam.

Bergerak cepat setelah diperintahkan Bobby, pada pukul 20.39 Wib mobil ambulans yang membawa bayi Aiyla tiba di RSUP Haji Adam Malik untuk menjalani perawatan.

"Alhamdulillah sudah dibawa ke Adam Malik tadi. Mudah-mudahan bisa segera dirawat dan adik bayi Aiyla bisa sembuh," ungkapnya.

Camat Medan Area Hendra Asmilan mengatakan bayi penderita penyakit langka itu sudah dibawa ke RSUP Adam Malik berdasarkan perintah Wali Kota Medan Bobby Nasution. Hendra langsung mengantarkan bayi Aiyla dan sekitar pukul 20.39 Aiyla dan keluarga telah tiba di RS Adam Malik.

"Iya atas perintah pak Wali kami langsung bawa pasien ke Adam Malik. Ini kami baru sampai," kata Hendra yang ikut menemani keluarga ke RS Adam Malik.

Rekomendasi