Waspada Omicron, Pemprov DIY Prioritaskan Lansia Dapat Vaksin Booster

Tim Editor

Wagub DIY Dok. Pemda DIY

ERA.id - Sebanyak 472.800 lansia di DIY menjadi target pemberian booster vaksinasi Covid -19.

Booster diberikan dengan memprioritaskan lansia dan masyarakat berkomorbid, dengan mempertimbangkan risiko paparan virus terutama varian Omicron yang lebih tinggi terhadap mereka.

Demikian dikatakan Wagub DIY KGPAA Paku Alam X saat meninjau langsung kick off booster vaksinasi, Kamis (13/1) di JEC, Bantul. Secara serentak, kick off ini juga diikuti oleh kabupaten/kota DIY.

Wagub menjelaskan, booster ini diprioritaskan untuk lansia terutama dengan komorbid untuk mengurangi risiko fatal paparan Covid -19. Menurutnya, varian baru ini memang lebih beresiko bagi kelompok ini.


“Hari ini kita kick off vaksinasi untuk lansia di DIY. Kita juga menyertakan teman-teman ASN untuk dibooster, tapi prioritas tetap lansia dan yang komorbid.  
Beberapa kali teleconfrence dengan Jakarta memang varian yang baru ini lebih banyak yang beresiko bagi yang lansia dan komorbid,” jelasnya.

Saat ini memang pemberian vaksinasi baik dosis pertama dan kedua di DIY telah mencapai angka 98 persen.

Angka ini menjadikan DIY berada di ranking 3 nasional dengan capaian vaksinasi terbaik. Hal inilah yang menjadi alasan bagi pusat untuk DIY bisa memulai booster vaksinasi lebih cepat dari daerah lain.

Namun demikian, meskipun sudah memulai booster, DIY menurut Sri Paduka tetap memprioritaskan vaksinasi bagi mereka yang sama sekali belum divaksinasi.

Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie membeberkan peserta vaksinasi booster ini dibatasi pada penerima vaksin dosis 1 dan 2 jenis Sinovac.

“Untuk yang basicnya AstraZeneca, Insya Allah minggu depan booster kita lakukan karena itu hanya bisa pakai Moderna yang levelnya agak beda tapi heterolog. Cuma itu yang direkomendasikan,” jelas Pembajun.

Kick off ini menurut Pembajun akan berlangsung selama 3 hari hari ini hingga 15 Januari dengan target 5.000 peserta. Per hari, Pembajun mematok target 1.500, dan berharap bisa melampaui target.

Kami juga pernah menulis soal Cara Bogor Cegah Varian Omicron, Kapolres: Ganjil Genap Siap Diberlakukan Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Tag: vaksinasi booster gratis vaksinasi booster

Bagikan: