Angka Kasus Covid-19 Melonjak, Lampion Pasar Gede Dimatikan

| 07 Feb 2022 22:12
Angka Kasus Covid-19 Melonjak, Lampion Pasar Gede Dimatikan
Lampion Pasar Gede (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Pemerintah Kota Solo memutuskan untuk menghentikan penyalaan lampion di kawasan Pasar Gede Harjonagoro dan Balai Kota Solo. Hal ini sebagai anisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang semakin tinggi.

Pasalnya selama beberapa hari terakhir kenaikan kasus Covid-19 di kota Solo penambahannya mencapai 100-an kasus dalam sehari.

Terkait hal ini, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membenarkan penghentian operasional lampion. Keputusan ini diambil mengingat tingginya angka kasus Covid-19 di kota Solo. Rerata dalam sehari tercatat peningkatannya mencapai 100 kasus.

”Lampion kita matikan dulu. Kita lihat selama seminggu ke depan, nanti kita evaluasi lagi angka kasusnya,” kata Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (7/2/2022).

Ia berharap dengan mematikan lampion di kawasan Balai Kota Solo dan Pasar Gede, bisa mengurangi animo masyarakat berkunjung di kawasan ini.

Selain mengevaluasi keberadaan lampion di kawasan ini, Gibran juga mengevaluasi para pedagang kaki lima (PKL) yang muncul pasca pemasangan lampion.

”Ya nanti kita evaluasi lagi,” katanya.

Dengan mematikan operasional lampion ini, Gibran berharap kerumunan bisa terurai. ”Saya minta masyarakat jangan berkerumun dulu,” katanya.

Sementara itu Ketua Panitia Imlek bersama Sumartono Hadinoto mengatakan kebijakan mematikan lampion sudah dilakukan sejak Minggu (6/2/2022). Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi kerumunan.

”Kami harap bisa mengurangi kerumunan masyarakat,” katanya.  

Selain itu panitia juga terus mengingatkan warga yang ada di kawasan ini agar tidak  berkerumun. Kegiatan ini juga dilakukan sekaligus memberikan masker pada warga sebagai upaya peningkatan protokol kesehatan.

”Kalau di Balai Kota dan Pasar Gede kami matikan. Sedangkan di Kantor Radio Metta FM, Taman Satwa Taru Jurug dan Pucang Sawit,” katanya.

 

Kami juga pernah menulis soal Banyak Warga Langgar Prokes Saat Nonton Lampion Imlek di Solo, Respons Gibran: Nggak Apa-apa, Nanti Saya Rapatkan Kamu bisa baca di sini

 

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi