CV Aneka Jaya Palu Timbun 533 Ton Minyak Goreng, Langsung Dijual Polisi ke Warga

| 04 Mar 2022 19:28
CV Aneka Jaya Palu Timbun 533 Ton Minyak Goreng, Langsung Dijual Polisi ke Warga
Minyak Goreng (Antara)

ERA.id - Satuan tugas (Satgas) Pangan Sulawesi Tengah mendistribusikan kembali 53 ton minyak goreng hasil penggerebekan yang dilakukan terhadap CV Aneka Jaya di Kota Palu.

Menurut Kepala Satgas Pangan Sulteng yang juga Dirreskrimsus Polda Sulteng, Kombes Pol Ilham Saparona mengatakan minyak goreng ribuan liter itu langsung didistribusikan hingga ke tangan konsumen dengan konsep operasi pasar, maupun melalui koordinasi dengan perum Bulog wilayah setempat.

"Hasil ini kita sita untuk nantinya kita distribusikan atau dijual kembali ke masyarakat, sebagian lagi kita lakukan penyitaan sebagai barang bukti untuk melanjutkan proses hukum terkait dengan dugaan penimbunan," kata Kombes Pol Ilham Saparona di Kota Palu, Jumat (4/3/2022).

Ia menjelaskan bahwa proses hukum akan tetap dilanjutkan terhadap CV Aneka Jaya, dan sejauh ini pihak kepolisian tengah memeriksa pemilik perusahaan beserta sejumlah karyawan.

Hal itu dilakukan, karena diduga CV Aneka Jaya telah melakukan pelanggaran terhadap Undang-Undang Nomor 7 tahun 2014 yang mengatur tentang Perdagangan.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulteng, Richard Arnaldo menjelaskan penindakan yang dilakukan terhadap CV Aneka Jaya telah didahului dengan langkah persuasif.

"Sudah kita lakukan, dan CV Aneka Jaya ini tidak datang, dan mereka satu-satunya yang tidak menyetorkan data stock yang dimiliki," kata Richard ditemui langsung di gudang milik CV Aneka Jaya di Kota Palu, Jumat.

Richard menerangkan, pendistribusian kembali minyak goreng hasil sitaan itu secara teknis dimulai hari ini, sejumlah pihak gudang telah mengonfirmasi kesiapannya untuk menampung puluhan ribu liter minyak goreng tersebut.

Ia memperkirakan, 53 ton minyak goreng tersebut akan habis dalam waktu 3 sampai 4 hari ke depan. Hal itu berdasarkan tingginya permintaan pasar hingga saat ini.

Sementara penyaluran ke kabupaten, pihak satgas pangan dan Disperindag provinsi telah melakukan koordinasi dengan perum Bulog Sulteng.

"Penjualannya kembali ke harga normal sesuai harga eceran tertinggi atau HET," tegasnya, seperti dilansir Antara.

Sementara itu Manajer Operasional CV Aneka Jaya, Arnold menjelaskan penyimpanan minyak goreng oleh pihaknya dalam waktu yang lama, berkaitan dengan harga jual pasar yang tidak sesuai dan akan berdampak pada kerugian.

"Kami beli dari pabrik dengan harga Rp18.500, sedangkan di pasar harus dijual dengan harga HET Rp14.000," terangnya.

Ia mengaku baru mendapatkan surat pemberitahuan dari pihak pabrik tentang ganti rugi yang akan ditanggung, Rabu (2/3).

Oleh karena itu, dalam kurun waktu Oktober 2021 hingga Maret 2022 pihaknya memilih untuk belum mengedarkan ke pasaran, namun memilih untuk menjualnya dengan cara menunggu.

"Ada juga yang datang langsung ke dini dan kami tetap jual tapi memang kami sampaikan harganya Rp19.500 karena dari pabrik harga yang didapatkan masih di atas atau belum subsidi," pungkas Arnold.

Kami juga pernah menulis soal Polres Lebak Tahan Penimbun 24.000 Liter Minyak Goreng, Sebagian Barang Bukti Akan Didistribusikan ke Masyarakat Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi