Kabar Baik dari Solo: TPID Upayakan Tak Ada Kelangkaan Bahan Pokok Selama Ramadan dan Lebaran

| 04 Apr 2022 23:03
Kabar Baik dari Solo: TPID Upayakan Tak Ada Kelangkaan Bahan Pokok Selama Ramadan dan Lebaran
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Solo mengupayakan tidak ada kelangkaan bahan pokok selama bulan Ramadan dan Lebaran. Pasalnya jika terjadi kelangkaan, akan rawan timbul keresahan di masyarakat.

”Kami akan pantau terus agar jangan sampai ada kelangkaan. Biar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat,” ucap Wakil Ketua TPID Kota Solo Nugroho Joko Prastowo, Senin (4/4/2022).

Distribusi barang ini harus tetap dijaga untuk memastikan stok selalu tersedia di pasar. Untuk itu TPID berkoordinasi dengan Bulog dan Pedaringan untuk menggelar pasar murah di tiap kelurahan dan kecamatan.

”Makanya kami antisipasi agar tidak ada gejolak,” katanya.

Terkait dengan harga sejumlah bahan pokok, Joko menyampaikan situasi tersebut mengikuti siklus yang berlaku. Seperti halnya jika permintaan naik, maka harga akan mengikuti naik.

”Kalau persoalan begini bukan hanya di tingkat Solo tapi juga di tingkat nasional. Kami sudah koordinasi dengan Kemendag (Kementerian Perdagangan) terkait hal ini,” katanya.

Joko mengakui ada beberapa kenaikan harga barang yang di luar siklus dan tidak hanya terjadi di Solo, namun juga di daerah lain. Bahkan hal ini menjadi masalah di tingkat nasional.

”Seperti halnya minyak goreng, ada suplai dan demand dan faktor ketentuan yang berubah. Terkait hal ini kami juga harus koordinasi (dengan pusat),” katanya.

Saat ditanya terkait rencana pelaksanaan operasi pasar, TPID akan melihat kondisi di lapangan. Termasuk Bulog dan Pedaringan sebagai penyedia barang kebutuhan.

”Kalau pada waktunya dinilai menimbulkan kerawanan, kami akan laksanakan (operasi pasar),” ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengakui banyak komoditas barang banyak mengalami kenaikan. Untuk itu Pemkot Solo menggelar operasi pasar khusus minyak goreng untuk mengendalikan harga barang.

”Sementara minyak dulu. Tapi yang lain kami pantau,” katanya.

Kami juga pernah menulis soal BLT Minyak Goreng Cair, Ganjar: Tetap Ada Harga Rp14 Ribu/Liter Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi