Seragam Kontingen Indonesia untuk Opening Olimpiade Paris 2024 Terinspirasi dari Sosok Raden Saleh

| 26 Jul 2024 12:00
Seragam Kontingen Indonesia untuk Opening Olimpiade Paris 2024 Terinspirasi dari Sosok Raden Saleh
Seragam kontingen Indonesia untuk opening Olimpiade Paris 2024 (Instagram / @timindonesiaofficial)

ERA.id - Seragam Kontingen Indonesia untuk acara pembukaan Olimpiade Paris 2024 akhirnya dirilis secara resmi lewat akun Instagram @timondonesiaofficial, pada Jumat (26/7/2024). Kontingen Indonesia akan mengenakan busana adat Jawa, yang kembali didesain oleh Didit Hediprasetyo.

Pada keterangan dijelaskan desain seragam tersebut terinspirasi dari sosok Raden Saleh. Kehidupan Raden Saleh merupakan cerminan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional.

“Desain terinspirasi dari sosok Raden Saleh, pelukis pionir beraliran Romantisme asal Jawa. Perjalanannya dari Jawa Tengah sampai ke istana-istana Eropa pada abad ke-19 mencerminkan kebangkitan bangsa Indonesia di kancah internasional yang kini menghiasi dinding Rijksmuseum dan Louvre,” keterangan unggahan akun @timindonesiaofficial. 

Melalui desain tersebut, Didit Hediprasetyo berharap bisa menampilkan wujud kebanggaan dan ketangguhan Indonesia. Ia juga ingin para atlet yang bertanding menunjukkan sisi terbaik mereka lewat seragam yang ia rancang.

“Harapan saya dapat menciptakan desain yang menjadi wujud kebanggaan, semangat, dan ketangguhan bangsa kita. Sekaligus memastikan bahwa setiap atlet muncul dan menjadi diri mereka yang terbaik saat berkompetisi di panggung dunia,” tutur Didit. 

Pada foto yang diunggah, beberapa perwakilan atlet dan publik figur ikut didapuk sebagai model yang memperkenalkan. Di antaranya adalah atlet renang RI, Joe Aditya dan Zahra Permatahani, serta Nicholas Saputra dan Marissa Anita.

Seragam tersebut merupakan baju bergaya beskap untuk pria dan atasan model kebaya kutu berwarna merah untuk wanita. Atasan tersebut disandingkan dengan celana panjang berwarna putih. 

Bahan yang digunakan untuk beskap menyerupai denim, yang memberikan kesan modern, dan dilengkapi dengan garis merah putih pada lengannya. Para pria juga mengenakan aksesori blankon, yang menambah unsur budaya khas Jawa, Indonesia. 

Sementara itu, Opening Ceremony Olimpiade Paris 2024 akan digelar pada Jumat, 26 Juli waktu setempat. Acara akan diadakan di Sungai Seine, Paris, Prancis. 

Rekomendasi