Mengenal Christopher Nolan, Bikin Film Sejak Usia 7 Tahun

| 18 Jul 2023 20:25
Mengenal Christopher Nolan, Bikin Film Sejak Usia 7 Tahun
Christopher Nolan. (Sumber: Getty Images)

ERA.id - Jika Anda pernah menonton film-film bergenre Sci-fi seperti The Dark Knight, The Dark Knight Rises, Inception, hingga Interstellar, tentunya Anda mengenal Christopher Nolan. Christopher Edward Nolan atau yang populer dengan sebutan Christhoper Nolan adalah seorang sutradara, penulis skenario dan produser. Nolan lahir di London, Inggris 30 Juli 1970.

Ia mengawali kariernya di dunia perfilman melalui film-film pendek seperti Tarantela (1989) hingga doodlebug (1997). Adapun film panjang pertamanya yaitu Following (1998). 

Kebanyakan film-film Nolan mampu mengungkapkan sosoknya yang begitu idealis, dan dibungkus konsep yang filosofis serta mampu mengeksplorasi moral, memori, sampai identitas personal yang ada dalam diri manusia. Misalnya pada film Inception (2010), Nolan berusaha untuk menangkap memori manusia melalui cara pandang yang beda dan begitu mengesankan dengan ciri khasnya.

John David Washington dan Robert Pattinson dalam TENET karya Christopher Nolan (Warner Bros)

Di bawah ini adalah fakta-fakta mengenai Christopher Nolan:

Pertama Kali Bikin Film Usia 7 Tahun

Masa kecil Christopher Nolan tentunya sama seperti anak-anak kecil pada umumnya yang menghabiskan waktu untuk bermain dan tertarik dengan berbagai hal. Namun, Nolan menghabiskan masa-masa kecilnya dengan mempelajari apa yang dia inginkan. Selanjutnya saat berumur 7 tahun, ia menemukan kamera milik ayahnya, kemudian berusaha memotret-motret hingga belajar untuk merekam sampai membuat film. Terinspirasi dengan film Star Wars yang dirilis tahun 1977, ia mulai belajar membuat film pendek dengan memanfaatkan action figure menggunakan kamera milik ayahnya.

Kuliah Sastra Inggris di Universitas College London

Karena sudah mengetahui bakatnya sedari kecil, Nolan tidak terlalu memikirkan masa depannya, hingga akhirnya dirinya memutuskan untuk menempuh kuliah di jurusan sastra Inggris. Rasa ingin tahunya terhadap dunia film mendorongnya untuk tergabung dengan komunitas film yang ada di kampus tersebut, sehingga Nolan terpantik mewujudkan keinginannya dengan membuat film kembali.

Film pendek yang berhasil ia buat antara lain Tarantella (1989), Larceny (1995) dan Doodlebug (1997). Setelah berhasil membuat film-film pendek, setahun kemudian ia berusaha mengumpulkan teman-temannya dan membuat film panjang pertamanya berjudul Following (1998).

Film-film yang Menggunakan Efek Khusus

Christopher Nolan populer sebagai seorang sutradara yang menekankan penggunaan efek khusus praktikal ketimbang efek CGI. Ia mengutamakan pengambilan gambar nyata dengan efek fisik yang sebenarnya.

Hal ini tentunya menimbulkan nuansa autentik dan menyajikan pengalaman yang lebih intens bagi penonton. Dalam film The Dark Knight, Anda akan menyaksikan adegan pengambilan gambar nyata di tengah-tengah kekacauan jalanan, yang menawarkan sensasi yang lebih nyata dan berkesan.

Pengaruh yang Luas dalam Industri Film

Dalam industri film, pengaruh Christopher Nolan pun sangat besar. Gaya sinematiknya yang unik sudah memberikan inspirasi untuk banyak sutradara dan pencipta film lainnya.

Dengan penggunaan teknologi IMAX dan pemikiran kreatif yang inovatif, Nolan membawa film-filmnya ke tingkat baru. Nolan juga sudah memberikan kontribusi signifikan dalam mengangkat genre film seperti film superhero dan film fiksi ilmiah ke level yang lebih tinggi.

Pemilihan Musik yang Membangun Atmosfer

Dalam film-film Christopher Nolan, musik memiliki fungsi dan peran penting. Ia kerap menjalin kerja sama dengan komposer Hans Zimmer untuk memberikan skor musik yang kuat dan menggugah emosi.

Musik yang dipilih dengan kecermatan dan ketelitian oleh Nolan membantu menciptakan atmosfer yang intens, menimbulkan ketegangan, dan menghubungkan penonton dengan cerita yang sedang disajikan.

Demikianlah ulasan tentang karya-karya Christhoper Nolan yang populer dan diperhitungkan di dunia perfilman. Setelah mengenal Christopher Nolan, tentunya Anda yang belum menyaksikan karya-karyanya, akan menjadi tertarik menonton bukan?

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi