Dame Diana Rigg Meninggal Dunia, Berikut Perjalanan Karier Singkat Aktris Game of Thrones

| 11 Sep 2020 10:00
Dame Diana Rigg Meninggal Dunia, Berikut Perjalanan Karier Singkat Aktris Game of Thrones
Diana Rigg (Instagram)

ERA.id - Aktris senior 1960-an Dame Diana Rigg meninggal dunia, Kamis (10/9/2020). Rigg meninggal di usia 82 tahun dikelilingi pihak keluarga. 

Berita duka dan kepergian pemain Lady Olenna Tyrell di serial Game of Thrones ini pertama kali disampaikan oleh anaknya, Rachael Stirling. Dia mengungkap kepergian Ibu tercintanya akibat kanker yang diidap sejak didiagnosa bulan Maret lalu. 

“Mama ku yang tersayang meninggal dengan damai dalam tidurnya pagi ini, di rumah, dikelilingi oleh keluarga. Aku akan merindukannya tanpa kata-kata,” tulis Rachael Stirling sebagaimana dikutip BBC, Jumat (11/9/2020). 

Stirling menambahkan, “Dia menghabiskan bulan-bulan terakhirnya dengan penuh kegembiraan untuk merefleksikan kehidupannya yang luar biasa, penuh cinta, tawa, dan kebanggaan yang mendalam pada profesinya.” 

Agennya yang diwakili langsung oleh Simon Beresford juga mengkonfirmasi kepergian peraih BAFTA Awards itu melalui siaran resminya. 

“(Diana Rigg) meninggal di rumah bersama keluarganya yang meminta privasi pada masa sulit ini. Dame Diana adalah kekuatan alam yang mencintai pekerjaannya dan sesama aktor,” ungkap Simon Beresford. 

Ucapan duka cita pun langsung mengalir deras atas kepergian aktris klasik berbakat ini, seperti Nikolaj Coster Waldau rekan mainnya di film Game of Thrones, Sir Tom Stoppard, Sir David Hare, aktor David Suchet, Samuel West, dan masih banyak lagi. 

“Sebuah kegembiraan dan kehormatan mutlak untuk bekerja dengannya,” tulis pemeran Jaime Lannister, Nikolaj Coster Waldau. 

“Oh tidak! Dia luar biasa !! Terima kasih kepada Diana Rigg yang hebat untuk begitu banyak pertunjukan yang tak kenal takut dan menarik,” tulis aktris Mia Farrow di Twitter-nya. 

Dame Diana Rigg mengawali kariernya di seni peran tahun 1969. Sosoknya dikenal sebagai aktris klasik legendaris berkat perannya sebagai Emma Peel di serial televisi The Avengers. 

Dia juga tercatat sebagai satu-satunya istri James Bond lewat On Her Majesty’s Secret Service (1969). Rigg berperan sebagai Tracy yang menikahi George Lazenby, James Bond tahun 1969. 

“Kecerdasannya yang mempesona dan suaranya yang tak ada bandingannya membuatnya menjadi tokoh terkemuka yang tak terlupakan di teater Inggris,” ungkap Sutradara, Jonathan Kent. 

Diana Rigg sempat mengatakan dirinya menyukai karakter jahat daripada karakter baik seperti yang didambakan semua orang. Bahkan dirinya lebih suka dikenal sebagai aktor jahat. 

Rigg berkata “Saya suka memerankan (karakter) yang buruk. Mereka jauh lebih menarik daripada bagus (karakter). Ada beberapa aktor yang tidak suka bermain buruk, mereka suka disukai. Aku suka tidak disukai."

Tahun 1990 dia dianugerahi piala BAFTA TV kategori Aktris Terbaik berkat aktingnya sebagai seorang ibu yang protektif di Mother Love. Tahun 2000 dirinya juga mendapat penghargaan khusus dari BAFTA lewat serial televisi The Avengers

Selama berkarier sejumlah penghargaan berhasil dia bawa pulang lewat beragam film yang dia bintangi. Rigg tercatat mendapat sembilan penghargaan dari Primetime Emmy, dan Tony Awards lewat Medea tahun 1994. 

Diana Rigg tercatat sebagai salah satu pemeran di film bergenre horor garapan Edgar Wright, Last Night in Soho yang dijadwalkan tayang 2021. 

Tags : film
Rekomendasi