Mengenal Apa Itu Transpuan dan Perbedaannya dengan Transgender Serta Transeksual

| 21 Nov 2022 23:11
Mengenal Apa Itu Transpuan dan Perbedaannya dengan Transgender Serta Transeksual
Ilustrasi foto (Jana Sabeth/Unsplash)

ERA.id - Trans perempuan atau transpuan merupakan orientasi gender seorang laki-laki yang mengubah identitas dirinya menjadi perempuan. Anda mungkin lebih familiar dengan kata ‘transgender’ daripada ‘transpuan’. Dalam artikel ini, akan dijelaskan apa itu transpuan, yuk simak!

Apa itu transpuan?

Salah satu pengunjung CFW Dukuh Atas, seorang pria berpakaian wanita mengaku transpuan dari komunitas waria di DKI Jakarta/ Foto: Rizky Sulistio/ VOI

Dilansir WebMD, transgender merupakan istilah umum yang mendeskripsikan orang-orang yang identitas gendernya, atau perasaan dalam dirinya sebagai laki-laki, perempuan, maupun sesuatu yang lain, tidak selaras dengan jenis kelamin yang dimiliki pada mereka saat lahir. Sebaliknya, istilah cisgender mendeskripsikan orang-orang yang identitas gendernya sesuai dengan jenis kelamin yang ditetapkan bagi mereka saat lahir. Hal ini mengakibatkan transpuan mempunyai orientasi gender yang berubah.

Bagi Anda yang pernah mendengar kata LGBT, istilah ini memiliki definisi yang berbeda dengan transpuan. LGBT lebih mewakili kepada kumpulan orang yang mempunyai orientasi seksual yang berbeda. Transpuan digolongkan ke dalam lingkaran tersebut.

Adapun masyarakat Indonesia lebih akrab dengan istilah waria. Namun, saat ini lebih sering digunakan istilah transpuan dan keduanya merupakan hal yang sama. Dengan demikian, dapat disimpulkan, transpuan adalah transgender perempuan yang mengubah orientasi awalnya dari laki-laki menjadi perempuan.

Apakah perbedaan transpuan, transgender, dan transeksual?

Sebenarnya ketiga istilah ini hampir mirip sebab sama-sama mengubah orientasi yang mereka bawa dari lahir dengan menyesuaikan keinginan diri. Namun, ketiganya mempunyai perbedaan makna.

Transgender adalah seseorang yang merasa memiliki orientasi berbeda dengan jenis kelaminnya. Termasuk yang di dalamnya adalah transpuan (laki-laki ke perempuan), transpria (perempuan ke laki-laki), serta nonbiner.

Sementara itu, transeksual mengubah orientasi dengan penyesuaian identitas tubuh. Mulai dari menjalani terapi, vasektomi atau operasi plastik, dan menggunakan mastektomi. Oleh karena itu, seorang transpuan atau transgender belum tentu seorang transeksual.

Dilansir WebMD, secara fisik seorang transgender bisa jadi tidak mengubah bentuk kelaminnya. Namun, mereka memiliki kebiasaan seperti dengan jenis kelamin yang ingin ubah mereka dan mereka rasakan.

Hal ini berarti, mereka mengekspresikan perubahan gender tersebut dari cara berbicara, berpakaian, bertindak, menata rambut, hingga perilaku. Selain itu, ada juga yang mengubah nama mereka sesuai dengan perubahan gender tersebut.

Walaupun tidak seluruhnya transpuan atau transgender yang mengubah fisik mereka, tetapi, beberapa dari mereka pada akhirnya mungkin memilih untuk menjadi transeksual.

Bedanya identitas gender dengan orientasi seksual

Transgender tidak mendeskripsikan preferensi keromantisan dan seksual seseorang. Hal ini dikarenakan identitas gender berbeda dengan orientasi seksual. Identitas gender merupakan kemampuan seseorang untuk memahami dirinya sendiri, termasuk transpuan. Sementara itu, orientasi seksual lebih mengacu pada ketertarikan seseorang dengan jenis kelamin tertentu.

Orang heteroseksual lebih cenderung tertarik dengan lawan jenisnya. Adapun, homoseksual (lesbian dan gay) akan tertarik dengan lawan jenis yang sama dengannya. Transgender bisa saja mempunyai orientasi seksual hetero, lesbian, gay, atau bahkan biseksual.  

Apanya bedanya transgender dengan interseks?

Transpuan adalah seseorang yang terlahir dengan jenis kelamin laki-laki, tetapi merasa identitas gender tersebut tidak mewakili dirinya yang sesungguhnya. Sebaliknya, orang interseks tidak mempunyai jenis kelamin yang jelas.

Interseks dikarenakan karena kondisi kesehatan. Misalnya, seorang bayi yang mempunyai karakteristik dan alat kelamin perempuan, tetapi ternyata memiliki kromosom laki-laki. Demikian juga bisa terjadi sebaliknya.

Dalam kasus tertentu, anatomi atau bentuk tubuh orang interseks dapat menggabungkan karakteristik perempuan dan laki-laki. Adapun kasus ini pada umumnya terjadi 1 dari 1,5 ribu - 2 ribu bayi yang lahir.

Seorang transpuan bisa jadi mengalami interseks, tetapi kasus ini jarang terjadi. Orang interseks mungkin memilih hidup dengan jenis kelamin yang ditentukannya. Misalnya, seseorang yang memilih berjenis kelamin perempuan akan dibesarkan dengan gender tersebut.

Namun, dalam perjalanan hidupnya bisa jadi ia merasakan hal yang berbeda, yakni perasaan di mana perilaku, penampilan, hingga bentuk tubuh menggambarkan gender yang berlawanan.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu transpuan beserta perbedaan identitas yang dimiliki. Semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi