Film Hacksaw Ridge Angkat Kisah Kemanusiaan di Tengah Perang Dunia Kedua

| 19 Nov 2020 18:45
Film Hacksaw Ridge Angkat Kisah Kemanusiaan di Tengah Perang Dunia Kedua
Film Hacksaw Ridge diangkat berdasarkan kejadian nyata pengalaman Perang Dunia II dari Desmond Doss .

ERA.id - Film Hacksaw Ridge diangkat berdasarkan kejadian nyata pengalaman Perang Dunia II dari Desmond Doss , seorang petugas medis perang pasifik Amerika yang menolak untuk membawa atau menggunakan senjata atau senjata api dalam bentuk apapun selama Pertempuran Okinawa.

Desmond T. Doss adalah seorang dokter tentara Amerika Serikat yang menolak membawa satu pun senjata dalam pertempuran Okinawa di era Perang Dunia II. Desmond berhasil mengevakuasi 75 orang tentara sendirian, tanpa satu pun peluru ia tembakkan.

Keyakinan Desmond untuk tidak membawa senjata diawali dari pengalamannya pada tahun 1925 di Lynchburg, Virginia, Amerika Serikat, Desmond Doss (Andrew Garfield) muda hampir membunuh saudaranya saat melakukan kekerasan. Akibat peristiwa itu, dan pendidikannya di Geraja Masehi Advent Hari Ketujuh, memperkuat keyakinan Desmond untuk tidak mau membunuh siapapun.

Lima belas tahun kemudian, Doss membawa seorang pria yang terluka ke rumah sakit dan bertemu dengan seorang perawat bernama Dorothy Schutte (Teresa Palmer). Mereka menjalin hubungan asmara, dan Doss memberi tahu Dorothy tentang minatnya pada pekerjaan medis.

Setelah serangan Jepang di Pearl Harbor, Doss mendaftar di Angkatan Darat AS untuk bertugas sebagai tenaga medis tempur . Ayahnya, Tom (Hugo Weaving), seorang veteran Perang Besar, sangat kecewa dengan keputusan tersebut. Sebelum berangkat ke Fort Jackson, Desmond meminta Dorothy untuk menikah, dan dia menerimanya.

Karena hal itu, Howell dan Kapten Glover (Sam Worthington) berusaha membawa Doss ke psikiater, tetapi ditolak. Sebab keyakinan agama Doss bukan merupakan penyakit mental .

Mereka kemudian menyiksa Doss dengan membuatnya melalui kerja yang melelahkan, berniat untuk membuat Doss pergi atas kemauannya sendiri. Namun, keyakinan Doss tidak runtuh. Film Hacksaw Ridge digarap oleh sutradara Mel Gibson, dan dibintangi oleh Andrew Garfield, Sam Worthington , Luke Bracey, Teresa Palmer, Hugo Weaving, Rachel Griffiths, dan Vince Vaughn.

Rekomendasi