Sebelum Nonton "Stand By Me Doraemon 2", Lihat Fakta Soal Doraemon yang Jarang Kamu Ketahui

Tim Editor

Doraemon dan teman-temannya.

ERA.id - Setelah sukses dengan Stand by Me Doraemon 1, dalam waktu dekat, Februari 2021, Stand by Me Doraemon 2 akan ditayangkan di layar lebar. 

Intinya, dalam poster film tersebut, terlihat Nobita dan Shizuka dewasa berpakaian pengantin, serta Doraemon menatap mereka dengan mata berair seolah terharu.

Duh, penasaran gimana ceritanya. Tapi lebih dari itu, jangan cuma fokus pada Nobita. Hidup Nobita mungkin akan biasa saja tanpa Doraemon di sampingnya.

 

Doraemon sendiri banyak dianggap sebagai robot rakun atau musang, namun nyatanya, Doraemon adalah robot kucing. Berikut ini ada beberapa fakta unik tentang Doraemon yang perlu diketahui.

1. Dulu Doraemon punya telinga

Dulu Doraemon punya telinga, tapi kedua telinganya rusak saat menjadi pengasuh bayi Sewashi yang merupakan cicit Nobita dari abad 22. Saat itu ada sebuah robot tikus yang menggigit telinganya dan akhirnya membuat Doraemon harus kehilangan kedua telinganya.

2. Nama asli Doraemon adalah MS-903

Nama Doraemon ternyata adalah MS-903 yang merupakan kode produksinya. Supaya lebih dikenal, robot kucing ini dinamai Doraemon, yang berasal kata Dora yang berarti kucing liar dan Emon yang sering digunakan untuk menyebut manusia atau hewan berkelamin jantan. Namun istilah Dora juga bisa berarti gong, di mana bentuk tubuh Doraemon yang bulat seperti gong.

3. Warna asli Doraemon adalah kuning

Sebelum berwarna biru, Doraemon pernah menjadi robot berwarna kuning. Warnanya berubah usai ia murung karena telinganya digigit tikus. Dorami, adiknya, lalu memberi ramuan pembuat senang. Tapi yang diberikan Dorami ternyata adalah ramuan kesedihan. Alhasil setelah meminumnya, Doraemon semakin sedih dan ia pun terus menangis, sehingga warna kuning pada tubuhnya pun luntur dan menjadi warna biru.

4. Doraemon selesai dibuat tahun 2112

Doraemon sendiri selesai dibuat pada 3 September 2112 di pabrik robot Matsushiba di dekat Tokyo, Jepang, itu sesuai manganya, sebab ia berasal dari masa depan. Doraemon pertama kali muncul dalam sebuah manga di Jepang pada tahun 1967 dan mulai meramaikan dunia pertelevisian Indonesia pada tahun 1974.

5. Alat ajaib di kantong Doraemon

Walau ukurannya kecil, kantong ajaib Doraemon bisa menampung hingga 4500 alat, termasuk juga alat ajaibnya yang paling terkenal seperti pintu ke mana saja, mesin waktu dan baling-baling bambu.

6. Doraemon juga bersekolah

Doraemon bersekolah di Robotto Gakkō atau sekolah robot. Sayangnya, setelah lulus dari sekolahnya, Doraemon diberi label robot kelas dua karena prestasinya di sekolah sangat buruk. Predikat kelas dua yang disandangnya, membuat tidak ada orang yang mau mempekerjakannya sebagai pengurus rumah dan bayi. Hm, ujung-ujungnya diarahkan jadi buruh juga.

Setelah itu, akhirnya ada keluarga yang mau menyewanya untuk merawat bayi mereka yang bernama Sewaishi yang juga merupakan cicit Nobita dari abad 22.

7. Doraemon punya pacar dari abad 22

Doraemon juga punya pacar dari abad 22, namanya Noramyako. Kisah cintanya tidak berjalan mulus karena Noramyako memutuskan hubungan mereka setelah telinga Doraemon hilang karena digigit robot tikus.

8. Doraemon tak memiliki jari

Tangan Doraemon bentuknya bulat dan tidak ada jari, tapi mengapa bisa memegang barang? Jawabannya karena tangan Doraemon memiliki kekuatan adhesive & daya vacum yang luar biasa, sehingga benda apa pun dapat menempel di tangannya. Teknologi yang digunakan pada tangannya ini mirip dengan gaya gravitasi bumi dalam skala mini.

9. Awal pertemuan Doraemon dengan Nobita

Doraemon pergi ke abad 21, atas perintah Sewashi untuk membuat perubahan yang mempengaruhi masa sekarang. Diceritakan di masa depan, keluarga Nobita hidup dalam penderitaan karena utang yang diwarisi dari kakek buyut mereka1293 yakni Nobita sendiri.

Sewashi memutuskan mengirim Doraemon kembali ke masa lalu untuk membantu Nobita menjadi orang yang lebih baik. Idenya adalah bahwa kehadiran Doraemon akan mengubah masa depan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga Nobita.

Doraemon pun tiba di masa lalu, muncul dari dalam laci meja Nobita. Dia tinggal bersama Nobita sejak saat itu dan mencoba menghentikannya dari segala kegagalan hidup. Setiap kali Nobita mendapat kesulitan, Doraemon mencari gadget dalam sakunya untuk digunakan mengatasi masalah.

10. 1293 adalah nomor keberuntungan Doraemon

Nomor keberuntungan Doraemon adalah 1293. Mulai dari tanggal lahir hingga berat badannya, semua mengandung angka 1293. Doraemon memiliki berat badan 129,3 kg, tinggi 129,3 cm, lingkar pergelangan tangan dan kakinya 129,3 mm, serta lingkar kepalanya dan lingkar dada 129,3 cm.  Tidak hanya itu, Doraemon juga bisa berlari sampai 129,3 km/jam dan melompat setinggi 129,3 cm ketika terancam bahaya. Kekuatan maksimumnya 129,3 bhp. Bahkan ia juga “lahir” pada 3 September 2112 (12/9/3).

Tag: kartun doraemon stand by me nobita

Bagikan: