Mengenal Sosok Chloe Zhao, Sutradara Wanita Pertama Peraih Piala Oscar

Chloe Zhao (Instagram/@femalevoicerock)

ERA.id - Perhelatan Oscar 2021 yang diadakan di Los Angeles, pada Kamis malam (25/4/2021), menciptakan banyak rekor baru dalam dunia perfilman. Salah satunya adalah Chloe Zhao yang sukses membawa pulang penghargaan sebagai Best Director atau Sutradara Terbaik. 

Dengan kesuksesannya memenangkan kategori Best Director di Oscar 2021 membuat Chloe menjadi sutradara wanita pertama yang meraih penghargaan tersebut. Selain itu, ia menjadi orang Asia kedua yang mendapat penghargaan tersebut, setelah Bong Joon Ho, sutradara film Parasite.

Semakin penasaran dengan sosok Chloe Zhao, inilah beberapa fakta dirinya yang harus diketahui.

1. Memulai kariernya pada tahun 2015

Cewek kelahiran 31 Maret 1982 di Beijing, China ini memulai kariernya sebagai sutradar pada tahun 2015. Film pertama yang disutradrainya adalah film dengan format feature yang berjudul Songs My Brothers Taught Me.

Meski menjadi pengalaman pertamanya sebagai sutradara, film tersebut berhasil sukses dan meraih banyak penghargaan. Salah satunya adalah ditayangkan di Cannes Film Festival, yang termasuk dalam daftar festival film terbesar di dunia. Sepanjang kariernya hingga saat ini, Zhao tercatat sudah membuat 4 film, yang bisa dibilang semuanya sangat sukses.

Chloe Zhao (Instagram/@femalevoicerock)

2. Meraih Oscar berkat filmnya yang berjudul Nomadland

Kemenangan Chloe sebagai Best Director di Oscar 2021 memang sudah diprediksi oleh banyak orang. Hal ini lantaran film buatannya, yaitu Nomadland yang rilis pada 202 lalu sangat sukses dan juga sudah meraih banyak perhargaan bergensi lainnya. 

Film Nomadland merupakan film yang bercerita tentang seorang wanita yang memilih untuk meninggalkan kampung halamannya setelah sang suami meninggal dunia. Ia memilih menjadi seseorang yang tidak memiliki rumah untuk melakukan perjalanan mengelilingi Amerika Serikat. 

Sebelum memenangkan piala Oscar berkat film ini, Zhao telah lebih dulu memenangkan penghargaan Best Director di Golden Globe Award, yang digelar pada awal tahun 2021 lalu. 

3. Pidato kemenangan yang sebarkan kebaikan

Menjadi sutradara wanita pertama yang memenangkan Oscar untuk nominasi Best Director merupakan suatu kebanggan tersendiri untuk seorang Chloe Zhao. Kemenangannya ini memberikan kesempatan pada Chloe untuk menyampaikan pesannya lewat pidatonya. 

Dilansir dari Eonline, pada pidato kemenangannya Zhao sempat mengenang masa kecilnya di China dan pelajaran hidup yang ia dapatkan dari sang ayah. 

"Belakangan ini aku sering memikirkan diriku yang selalu melewati masa-masa sulit dan itu membuatku berpikir ke masa kecil. Ketika aku besar di China, aku dan ayahku selalu memainkan puisi dan teks klasik China. Dalam permainan itu ada yang bernama Tiga Karakter Klasik, dengan kalimat pertama yang berbunyi 'setiap manusia dilahirkan dengan kebaikan," kata Chloe Zhao.

Lebih lanjut, Chloe menyampaikan bahwa kalimat tersebut selalu diingatnya dan yang membawanya bertemu dengan orang-orang baik di perjalanan hidupnya. Chloe juga mempersembahkan kemenangannya ini kepada orang-orang yang telah mendukungnya dan yang bertahan hingga saat ini.

"Kalimat itu aku percayai hingga kini. Meskipun kadang kebalikannya benar, tetapi aku selalu menemukan kebaikan dari orang-orang yang kutemui ke mana pun aku pergi di dunia ini. Jadi penghargaan ini untuk mereka yang masih memiliki kepercayaan dan keberanian untuk berpegang teguh pada kebaikan yang ada dalam diri mereka," tutup Chloe Zhao.

Tag: Oscar 2021 Chloe Zhao

Bagikan: