Salma Hayek Beberkan Tindakan Diskriminasi di Film Hollywood, Pernah Gagal Bintangi Film Karena Orang Meksiko

| 20 May 2021 12:05
Salma Hayek Beberkan Tindakan Diskriminasi di Film Hollywood, Pernah Gagal Bintangi Film Karena Orang Meksiko
Salma Hayek (Sumber: Instagram/salmahayek)

ERA.id - Bintang film Salma Hayek mengungkap cerita tragis yang menimpanya selama bekerja di industri film Hollywood. Ia sempat mengalami diskriminasi lantaran berasal dari Meksiko.

Pengalaman pahit itu diungkapkan oleh Salam Hayek saat menjadi sampul majalah Variety. Hayek mengungkap di masa awalnya berkarier ia mengalami diskriminasi hebat dan di tolak untuk bermain film.

Saat itu Salma Hayek sedang mengikuti audisi dan casting untuk dua film komedi besar sebagai pemeran utama wanita. Ketika audisi, sutradara film itu mengatakan Hayek adalah yang terbaik dari aktris yang juga pernah ikut audisi.

"Setelah itu sutradara mengatakan kepada saya bahwa saya adalah audisi terbaik dan bahwa saya lebih baik daripada siapa yang mereka perankan dan mereka menyesalinya," kata Hayek.

Sayangnya di saat yang bersamaan sutradara dan timnya tahu bahwa studio filmnya tidak akan pernah memilih orang Meksiko untuk menjadi pemeran utama.

Bukan hanya itu saja, bintang film Eternals itu juga mengungkap adanya ketidakadilan dan juga kebohongan yang akan dilakukan oleh pihak studio terhadap aktrisnya.

"Jika kamu seorang wanita dan kamu berada di film yang sangat sukses dan mereka mengatakan kamu adalah karakter favorit mereka, mereka akan tetap memberikan semua kredit box office kepada pria itu. Mereka tidak menghitung siapa kamu (untuk) kembali dibawa ke bioskop,"  jelasnya.

Lalu, kata Hayek, kasus diskriminasi yang menimpanya ini cukup pelik dan menyakitkan. Padahal di negaranya Hayek dikenal sebagai bintang yang sangat besar dan membawa pasar Latin ke bioskop.

Sayangnya beberapa studio tidak mau menerima nilai pasar Latin pada saat itu. Meski pun ia tahu siapa saja studio yang menerapkan hal itu, aktris 54 tahun itu tidak bisa berbuat apa pun.

"Dalam kasus saya, saya sudah menjadi bintang yang sangat besar di negara saya. Saya membawa pasar Latin ke bioskop. Saya tahu beberapa studio tahu itu. Tapi mereka tidak mau menerima nilai pasar Latin pada saat itu," ungkapnya.

Meski sempat mengalami diskriminasi di industri perfilman Hollywood dan gagal membintangi sebuah film, kini Salma Hayek jauh lebih terkenal dengan karier yang gemilang.

Salma Hayek bahkan menerima tawaran untuk bermain di film Marvel, Eternals, yang disutradarai oleh pemenang Oscar, Chloe Zhao. Selain Salma Hayek, bintang yang akan bermain di film Eternals diantaranya Angelina Jolie, Gemma Chan, Richard Madden, Kumail Nanjiani, Ma Dong-seok, dan Brian Tyree Henry.

Rekomendasi