Amat Disayangkan, Karena Hal Ini Film Yuni Gagal Masuk Nominasi Piala Oscar 2022

| 22 Dec 2021 13:27
Amat Disayangkan, Karena Hal Ini Film Yuni Gagal Masuk Nominasi Piala Oscar 2022
Film Yuni (Instagram)

ERA.id - Film Yuni yang menjadi perwakilan Indonesia gagal masuk dalam nominasi Piala Oscar 2022 atau Academy Awards 2022. Hal ini diketahui usai pihak The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) merilis daftar pendek calon nominasi di website resmi, pada Rabu (22/12/2021).

Daftar pendek tersebut memuat sejumlah kategori, yakni Documentary Feature, Documentary Short Subject, International Feature Film, dan yang lainnya. Untuk kategori International Feature Film dahulunya bernama Best Foreign Language Film, yang merupakan kategori untuk film terbaik di luar bahasa Inggris.

Dalam kategori tersebut, terdapat 15 film yang lolos dalam daftar pendek, yang kemudian akan diseleksi kembali untuk masuk ke dalam nominasi. AMPAS menjelaskan bahwa 15 film tersebut didapat sebagai hasil dari pemungutan suara dari seluruh anggota the Academy dari berbagai cabang.

Sayang, film Yuni gagal masuk ke dalam daftar pendek tersebut, sehingga dipastikan film tersebut tidak akan masuk dalam nominasi Piala Oscar 2022. Kegagalan tersebut karena suara yang didapatkan tidak cukup untuk film itu masuk sebagai kandidat nominasi.

Sebelumnya, Indonesia memilih film Yuni sebagai wakil untuk Oscar 2022 karena dianggap sudah memenuhi sederet persyaratan. Film itu juga sudah memenangkan Platform Prize di Toronto International Film Festival 2021.

Sementara itu, Piala Oscar 2022 sendiri dijadwalkan untuk digelar di Dolby Theatre, pada 27 Maret 2022 mendatang.

Rekomendasi