Terungkap! Produser Bongkar Rahasia Karakter John Wick: Seharusnya Pria Berusia 75 Tahun

| 20 Jul 2022 13:25
Terungkap! Produser Bongkar Rahasia Karakter John Wick: Seharusnya Pria Berusia 75 Tahun
Karakter john wick (Dok:Lionsgate)

ERA.id - Produser film John Wick, Basil Iwanyk, membongkar rahasia besar yang selama ini tidak diketahui oleh pecinta film. Iwanyk mengungkap karakter John di film, seharusnya diperankan pria berusia 75 tahun.

Perbedaan karakter ini terungkap lewat sebuah buku berjudul They Shouldn't Have Killed His Dog: The Complete Uncensored Oral History of John Wick, Gun Fu, and the New Age of Action, karya Edward Gross dan Mark A. Altman. Dalam buku itu dikatakan, penulis skenario Derek Kolstad membuat karakter John Wick sebagai pria berusia 75 tahun.

"Salah satu sahabat saya adalah Charlie Ferraro di UTA, yang mengirimi saya naskah ini dari Derek Kolstad berjudul Scorn. Pemimpinnya adalah seorang pria berusia 75 tahun, 25 tahun setelah pensiun," kata Basil Iwanyk, dikutip EW, Rabu (20/7/2022).

Lalu, kata Iwanyk, sejak membaca naskah tersebut ia berharap karakter pembunuh balas dendam itu adalah Clint Eastwood atau Harrison Ford. Dua aktor itu dinilai cocok untuk memerankan karakter John Wick sesuai dengan naskah untuk film pertama.

Namun Iwanyk memutuskan untuk bertemu dengan salah satu kerabatnya Jimmy Darmody, seorang agen di CAA yang mewakili Keanu Reeves. Tanpa diduga pertemuan mereka justru terjadi di saat kondisi Reeves sedang menurun dan membutuhkan pekerjaan, terutama di film aksi.

"Dia berkata 'Apakah Anda punya film aksi untuk Keanu Reeves?' Saya ingat berpikir dalam hati, Keanu adalah salah satu bintang aksi hebat dalam 25 tahun terakhir, apa yang terjadi padanya? Apa yang dia lakukan?" ungkapnya.

"Kami memberinya naskahnya, kami memberi tahu dia, 'jelas, Anda bukan 75'," lanjutnya.

Kegundahan hati Iwanyk kian bertambah setelah ia mengingat naskah yang dibuat oleh Kolostad adalah pria berusia 75 tahun, dan aktor itu bukanlah Keanu Reeves. Tetapi di sisi lain Reeves justru tertarik untuk memainkan karakter John Wick tersebut.

Kolstad lantas bekerja keras untuk mengubah naskah yang telah ia buat pertama kali. Dia mengaku menghabiskan dua bulan untuk merombak naskah dan karakter yang akan dimainkan oleh Reeves.

"Saya menghabiskan dua bulan di rumah Keanu pada akhir pekan mengerjakan naskah," kata Kolstad.

Selama berada di rumah Keanu Reeves, Kolstad dihadapkan dengan 300 skenario yang ditumpuk di meja milik Reeves. Sementara naskah yang ia rombak untuk karakter John Wick baru di baca hari Jumat selama 90 menit.

"Dia (Reeves) membaca sesuatu pada hari Jumat, dalam 90 menit, dan seperti, 'saya ingin melakukannya.' Pada saat itu, sebelum saya bertemu dan benar-benar cocok dengannya, saya seperti, 'ya, saya juga sangat ingin melakukannya'," ungkap Kolstad.

"Hal pertama yang Keanu katakan kepada saya adalah, 'oke, Derek, saya akan memainkan dia (John Wick) yang berusia 35 tahun.' Dan saya seperti, 'baik.'" tutupnya.

Alhasil dengan berbagai pertimbangan dan keputusan besar yang dilakukan tim produksi, film John Wick berhasil menuai kesuksesan besar di dunia. Begitu juga dengan Keanu Reeves yang sangat melekat dengan karakter John Wick sepanjang kariernya.

Sejauh ini dari tiga film John Wick yang dimainkan oleh Keanu Reeves telah mengantongi pendapatan sebesar USD587 juta atau sekitar Rp8,8 triliun. Keuntungan ini masih akan terus bertambah lantaran John Wick masih memiliki tiga proyek lanjutan di masa depan.

Rekomendasi