Penyebab Mulut Pahit dan Cara Mengatasinya

| 17 Sep 2022 09:02
Penyebab Mulut Pahit dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi cara mengatasi mulut pahit (freepik)

ERA.id - Orang yang sedang sakit, misalnya flu, biasanya merasakan sensasi pahit saat mengonsumsi sesuatu. Ini bukanlah hal yang berbahaya, tetapi menyebabkan ketidaknyamanan dan kurang bisa menikmati hidup (makan dan minum). Cara mengatasi mulut pahit dibutuhkan agar hal ini tidak terjadi terus-terusan.

Tak perlu khawatir, Anda bisa menhilangkan ketidaknyamanan tersebut dengan beberapa tips dari Era, dikutip dari halodoc. Namun, sebelum ke bagian tersebut, sebaiknya kita juga tahu apa yang membuat mulut kita terasa pahit.

Penyebab Mulut Terasa Pahit

Mulut terasa pahit berhubungan dengan sistem daya tahan tubuh, dan ini adalah hal yang wajar. Penjelasannya, saat tubuh mengalami peradangan atau terinfeksi kuman, sitokin bernama tumour necrosis factor (TNF) akan keluar dari sistem imun.

TNF adalah sitokin yang membantu sel daya tahan tubuh dalam melawan penyakit. Pelepasan protein tersebut bisa meningkatkan kepekaan terhadap rasa sehingga mulut jadi terasa lebih pahit saat sedang sakit.

Meski demikian, ternyata penyakit bukanlah satu-satunya penyebab mulut terasa pahit. Hal ini juga bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan yang lain. Beberapa hal yang bisa menyebabkan mulut terasa pahit adalah kebersihan mulut dan gigi, perubahan hormon selama masa kehamilan, stres, sariawan, mulut kering, gangguan saraf, dan efek samping obat tertentu.

Beberapa Cara Mengatasi Mulut Pahit

1. Cukup Air Putih atau Mineral

Cukupilah kebutuhan air harian Anda, apalagi saat sedang sakit. Kekurangan cairan (dehidrasi) bisa memicu hadirnya sensasi rasa pahit pada mulut.

Jika dehidrasi terjadi saat Anda sakit, hal tersebut bahkan bisa menyebabkan kondisi yang lebih butuk. Oleh sebab itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dengan meminum air putih, setidaknya enam hingga delapan gelas (1,5 – 2,5 liter) per hari.

2. Makan Makanan Tertentu

Berbagai makanan bisa dipilih untuk menutupi rasa pahit di mulut, baik yang disebabkan oleh sakit maupun tidak. Beberapa makanan yang bisa Anda makan antara lain buah-buahan citrus, seperti lemon dan jeruk nipis yang asam.

Memakan lemon untuk mengatasi mulut pahit (unsplash)

Anda juga bisa memilih makanan manis. Namun, konsumsi makanan manis sebaiknya tidak belebihan. Kelebihan makanan manis tidak baik untuk kesehatan, misalnya berpotensi menimbulkan diabetes. Sementara, penderita diabetes tidak disarankan memilih cara ini.

3. Menjaga Kebersihan Mulut

Salah satu hal yang menyebabkan mulut terasa pahit adalah kurangnya kebersihan mulut dan gigi. Oleh sebab itu, cara untuk mengatasi mulut pahit salah satunya adalah membersihkan mulut hingga tuntas.

Ilustrasi menggosok gigi (unsplash)

Hal tersebut bisa dilakukan dengan rutin menggosok gigi secara benar, berkumur dengan obat kumur atau larutan air garam, dan menggunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi.

4. Berhenti Merokok

Jika Anda adalah perokok, sebaiknya mengentikan kebiasaan tersebut agar kesehatan bisa terjaga. Terkait rasa pahit di mulut, rokok bisa memperburuk rasa logam atau pahit pada lidah.

Selain itu, merokok juga bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit kronis, misalnya penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Jadi, beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menghilangkan rasa pahit di mulut juga berkaitan dengan kesehatan. Jika Anda tidak sedang sakit atau telah memiliki gaya hidup sehat (cukup air putih dan tidak merokok), mengonsumsi makanan tertentu bisa menjadi cara mengatasi mulut pahit.

Rekomendasi