5 Jenis Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung yang Nyaman Dikonsumsi dan Sehat untuk Perut

| 04 Oct 2022 07:05
5 Jenis Lauk Pauk untuk Penderita Asam Lambung yang Nyaman Dikonsumsi dan Sehat untuk Perut
Ilustrasi penderita asam lambung (Freepik/Benzoix)

ERA.id - Bagi penderita asam lambung, kebutuhan lauk pauk merupakan salah satu hal penting yang harus diperhatikan.

Sebab, makanan yang sudah dikonsumsi menjadi faktor utama yang menyebabkan asam lambung naik.

Ilustrasi asam lambung kambuh (Freepik/Jcomp)

Asam lambung yang naik pertama kali ditandai dengan heartburn atau rasa nyeri dan sakit di bagian ulu hati, rasa pahit di kerongkongan, dan perut terasa penuh atau kembung, mual, hingga memberi efek kepala yang pusing.

Hal ini disebabkan oleh aliran balik asam dari lambung menuju kerongkongan. Kondisi ini menjadikan tubuh tidak nyaman dan tentunya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Lantas, apa saja lauk pauk yang direkomendasikan agar dapat dikonsumsi bagi penderita asam lambung? Simak pembahasan di bawah ini.

Telur Rebus

Telur rebus juga dapat Anda jadikan sebagai lauk pauk untuk penderita asam lambung yang aman dikonsumsi karena mengandung protein.

Namun, Anda tidak disarankan mengonsumsi bagian kuningnya karena memiliki kandungan lemak tinggi yang berpotensi memicu gejala refluks atau naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Anda dapat mengonsumsi bagian putihnya yang memberi manfaat tinggi bagi kesehatan termasuk bagi lambung.

Konsumsi Ikan yang Memiliki Kandungan Omega 3

Omega 3 EPA dan DHA yang terkandung dalam ikan pada umumnya mempunyai sifat anti-inflmasi sehingga dapat membantu mengatasi peradangan, termasuk peradangan yang dirasakan pada lambung Anda.

Contoh ikan yang dapat Anda konsumsi sebagai pendamping nasi antara lain ikan kembung, ikan salmon, tuna, dan ikan tongkol.

Namun, dalam proses pengolahan yang Anda lakukan, sebaiknya hindari memasak ikan yang dipadukan dengan santan dan bumbu pemicu iritasi seperti Monosodium glutamate (MSG) dan juga garam.

Jika Anda harus memasak dengan minyak goreng, Anda dapat memanfaatkan minyak kelapa atau minyak kanola.

Jamur Tiram

Meskipun Jamur Tiram memiliki kandungan asam, tetapi jenis makanan ini tidak berbahaya dan dapat dikonsumsi asalkan tidak dalam jumlah berlebihan bagi penderita asam lambung.

Dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Southeast Asian Journal of Science and Technology, konsumsi jamur tiram dapat menurunkan hyperacidity atau kadar asam lambung yang terlalu tinggi.

Selain itu, jamur tiram juga mampu menyeimbangkan kadar asam di lambung. Dengan demikian, jamur tiram dapat menjadi pilihan lauk pauk untuk penderita asam lambung.

Tempe Kukus atau Rebus

Penelitian di jurnal Nutrients menjelaskan kandungan yang ada pada kedelai yang difermentasikan dapat meminimalisir mulas yang terjadi karena peradangan lambung.

Tempe merupakan fermentasi kedelai yang pada umumnya dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Bagi penderita asam lambung, direkomendasikan pengolahan tempe dengan cara dikukus atau ditumis dengan olive oil.

Tempe goreng yang diolah dengan minyak yang memiliki kandungan lemak trans memberi efek yang tidak baik untuk kesehatan termasuk peradangan dalam organ pencernaan.

Daging Dada Ayam tanpa Kulit

Pilihan daging ayam tepatnya bagian dada tanpa kulit adalah hal yang dianjurkan bagi penderita asam lambung.

Bagian tersebut memiliki kandungan rendah lemak yang dapat mencegah peradangan pada lambung.

Sebab, seperti yang diketahui, gejala asam lambung akan diperparah oleh konsumsi yang tinggi lemak.

Makanan tinggi lemak memerlukan waktu lebih lama untuk dapat dicerna dan memicu asam lambung semakin mudah naik ke kerongkongan.

Demikianlah pembahasan mengenai lauk pauk untuk penderita asam lambung yang baik untuk dikonsumsi.

Baca artikel-artikel dan informasi menarik lainnya, pantau terus kabar terbaru dari ERA, Media Terpercaya dan Pilihan Anda.

Rekomendasi