Wajib Diketahui, Berikut Penyebab Tenggorokan Gatal dan Cara Penanganannya

| 09 Oct 2022 18:25
Wajib Diketahui, Berikut Penyebab Tenggorokan Gatal dan Cara Penanganannya
Ilustrasi tenggorokan gatal. (Foto: Antara)

ERA.id - Rasa gatal pada tenggorokan tentunya menimbulkan ketidaknyamanan yang mengganggu. Namun, seringnya kita tidak memahami apa yang menjadikan tenggorokan terasa gatal. Padahal, kondisi gatal pada tenggorokan ini bisa jadi sebagai gejala dari penyakit lainnya seperti batuk kering dan demam. Lantas, apa saja penyebab tenggorokan gatal?

Penyebab tenggorokan gatal

Ada bebera hal yang dapat menimbulkan rasa gatal pada tenggorokan Anda. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan pada umumnya muncul ketika kondisi tubuh sedang pilek atau flu. Rasa gatal itu sendiri berawal dari peradangan pada bagian tenggorokan yang mengalami infeksi. Lebih jauh lagi, peradangan kerap dirasakan di daerah amandel, pita suara, laring, dan katup epiglotis.

Terpapar asap rokok, polusi, dan zat kimia

Polusi debu, asap rokok, dan juga zat kimia pun memiliki potensi yang berbahaya untuk tenggorokan. Orang yang terpapar asap rokok dan polusi mempunyai risiko yang cukup  besar untuk mengalami kondisi tenggorokan gatal.

Alergi

Tenggorokan gatal dapat terjadi karena paparan zat pemicu. Beberapa pemicu yang bisa menyebabkan alergi antara lain bulu binatang, debu, makanan, serbuk sari, dan obat-obatan. Ketika terpapar alergi, tubuh akan merilis zat histamin yang dapat menimbulkan terjadinya post-nasal drip.

Post-nasal drip

Post-nasal drip merupakan kondisi lendir yang menggumpal pada saluran napas atas. Kondisi ini mengakibatkan timbulnya sensasi dahak yang menumpuk sehingga tenggorokan terasa gatal.

Infeksi sinus

Infeksi sinus atau sinusitis juga dapat menjadi penyebab tenggorokan terasa gatal. Sinusitis merupakan gejala pilek akut seperti hidung tersumbat, berair, sampai bersin-bersin yang terjadi lebih dari 10 hari.

Dehidrasi

Selain berbahaya untuk tubuh, ternyata dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab rasa gatal pada tenggorokan. Apabila Anda mengalami dehidrasi, maka tenggorokan pun akan dengan mudah mendeteksi bahwa tubuh sedang kekurangan cairan. Selain tenggorokan yang gatal, dehidrasi juga dapat menimbulkan rasa lemas pada tubuh, sakit kepala, dan sulit berkonsentrasi.

Asma

Penyakit ini memang sudah dikenal ganas, di mana saluran udara menjadi meradang dan menyempit sehingga menjadikan tubuh Anda sulit bernapas. Peradangan ini selanjutnya mengakibatkan sensasi gatal pada tenggorokan.

Lantas, bagaimana cara kita memberi penanganan atas keluhan tenggorokan gatal? Berikut penjabarannya.

Cara menangani tenggorokan gatal

Ilustrasi mengobati sakit tenggorokan secara alami (Freepik/Jcomp)

Setelah memahami semua penyebab tenggorokan gatal, selanjutnya Anda wajib memahami bagaimana cara menanganinya. Cara-cara tersebut antara lain:

Konsumsi air putih yang cukup

Setelah memahami bahwa tenggorokan gatal dapat diakibatkan oleh dehidrasi, perlu kita garis bawahi bahwa mengonsumsi air putih merupakan kebiasaan penting yang harus selalu terpenuhi. Pastikan Anda selalu minum cukup, setidaknya delapan gelas air putih dalam sehari.

Berkumur air garam

Air garam mempunyai peran penting dalam mengatasi dahak di tenggorokan. Namun, ingat, hanya untuk berkumur sampai tenggorokan, jangan sampai ditelan. Zat garam mampu menyerap kandungan air dalam tubuh, sehingga tubuh dapat mengalami dehidrasi jika Anda telan.

Mengonsumsi permen pelega tenggorokan

Permen pelega tenggorokan bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur, sehingga tenggorokan Anda tidak akan kering.

Mengonsumsi madu

Madu juga terbukti mampu mengurangi iritasi pada tenggorokan. Anda bisa mengonsumsi madu setiap hari sebanyak satu sendok makan, dan bisa juga mencampurkannya dengan perasan lemon maupun parutan jahe hangat.

Menghindari penyebab tenggorokan gatal

Sebelumnya penyebab dari tenggorokan gatal sudah disebutkan. Ada baiknya juga bagi Anda untuk mencegah hal-hal yang menyebabkan tenggorokan gatal. Apabila Anda mendapatkan gejala penyebab tenggorokan gatal yang berat, sebaiknya segera pergi ke dokter sebelum gejala tersebut semakin terasa berat.

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab tenggorokan gatal beserta cara penanganan yang dapat Anda lakukan secara mandiri. Semoga informasi ini bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi