Beberapa Fakta Psikologi Jika Kita Memikirkan Seseorang, Pernah Mengalami?

| 15 Oct 2022 10:05
Beberapa Fakta Psikologi Jika Kita Memikirkan Seseorang, Pernah Mengalami?
Ilustrasi wanita sedang cemas memikirkan seseorang (Pexels/Rodnae Production)

ERA.id - Apakah ada seseorang yang saat ini sedang anda pikirkan secara terus-menerus? Kira-kira, mengapa anda tak mampu mengeluarkan seseorang tersebut dari pikiran? Hubungan baik dengan Tuhan, keluarga, teman dan bahkan pasangan pastinya dimiliki oleh setiap orang. Hubungan dengan pasangan merupakan hubungan yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Ilustrasi (iStockphoto)

Fakta bahwa memikirkan seseorang terutama jika tidak mampu berhenti memikirkannya, pada kenyataannya memang akan menjadi sulit untuk melepaskan dan melupakan, walaupun suatu hubungan tersebut sudah diselesaikan secara baik-baik. Hal yang sama juga berlaku dalam hubungan pertemanan dan persahabatan.

Lantas, apa saja fakta psikologi jika kita memikirkan seseorang? Berikut penjelasannya.

Perasaan yang Bercampur Aduk

Perasaan anda yang tercampur aduk merupakan salah satu alasan anda sulit untuk berhenti memikirkan seseorang terutama pasangan. Anda tidak bisa berhenti memikirkannya karena anda teringat masa-masa bahagia ketika anda bersamanya.

Ketika seseorang yang Anda pikirkan tersebut tidak ada lagi di dalam hidup Anda, maka saat itulah Anda merasa kehilangan. Oleh sebab itu, mengingat kembali masa-masa saat Anda bersamanya menjadi salah satu cara yang Anda lakukan untuk memikirkan mereka.

Penolakan

Jika suatu hubungan berakhir dengan penolakan, maka perlu dicatat bahwa sulit untuk mengeluarkan seseorang dari pikiran Anda. Rasa kehilangan dan masih merindukannya bahkan ingin memilikinya kembali dalam hidup Anda terjadi karena masih adanya sisa rasa sakit dalam diri anda. Itulah kenapa pikiran Anda dipenuhi dengan seseorang yang terjebak di dalam pikiran sendiri. Untuk melupakan seseorang tersebut, maka Anda perlu memahami sebuah kehilangan dan mengetahui perasaan Anda tentang diri Anda sendiri.

Masalah yang Belum Terselesaikan

Masalah yang belum terselesaikan merupakan alasan lain Anda tidak bisa berhenti memikirkan seseorang, sehingga Anda tidak mau membuka hubungan berikutnya. Tentunya memerlukan waktu untuk memulihkan dan menangani permasalahan yang sudah berlalu sebelum anda melanjutkan hubungan dengan orang lain.

Mengenang Diri Anda di Masa Lalu

Hal yang terus mengisi pikiran Anda mungkin juga sesungguhnya tidak ada hubungannya dengan seseorang yang selalu Anda pikirkan dan sudah menjadi masa lalu dari diri Anda sendiri. Bisa jadi karena Anda lebih menyenangi keadaan saat-saat Anda bersama dengannya. Anda merasa harus bisa menjadi diri Anda saat dalam keadaan tersebut, baik itu sendiri ataupun dengan seseorang yang baru.

Merasa Kesepian

Merasa kesepian adalah alasan lain yang membuat Anda terus-terusan memikirkan seseorang. Kini sudah tidak ada lagi seseorang yang melengkapi hari-hari Anda seperti biasanya, sehingga Anda tidak mampu berhenti untuk memikirkannya. Jika demikian, lebih baik Anda menghabiskan waktu dengan teman dekat maupun keluarga agar tidak lagi merasa kesepian daripada Anda harus memikirkan orang lain.

Ada Sesuatu yang Terjadi

Percaya atau tidak, memikirkan seseorang bisa jadi sebuah pertanda bahwa telah terjadi sesuatu dengan orang tersebut. Hal ini kerap terjadi kepada banyak orang. Ketika tidak sengaja membayangkan seseorang, bisa jadi orang tersebut telah mengalami kejadian tertentu, entah baik atau buruk. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya untuk menanyakan kabarnya atau sekadar mencari tahu dari akun media sosialnya.

Bisa Jadi Dia pun Memikirkanmu

Banyak orang yang sudah mengalami, saat memikirkan orang yang disukai, keesokan harinya orang tersebut langsung menghubungi atau mengirim pesan. Hal ini tentunya sulit dijelaskan, seakan pikiran Anda dapat terhubung dengan orang yang Anda sukai. Namun, tanda saling memikirkan ini bisa merupakan sebuah kebenaran yang sulit untuk dipikirkan oleh nalar.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi