Apa Itu Tipe Kepribadian Ambivert? Simak Ciri-cirinya Berikut Ini

| 14 Oct 2022 19:02
Apa Itu Tipe Kepribadian Ambivert? Simak Ciri-cirinya Berikut Ini
Apa itu ambivert (Unsplash)

ERA.id - Saya yakin Anda telah ditanya berkali-kali apakah Anda tergolong seorang introvert atau ekstrovert. Bagi sebagian orang, hal tersebut adalah pilihan yang mudah, tetapi bagi kebanyakan dari kita, sulit. Lantas apa itu ambivert? Apa saja ciri-cirinya?

Sulit untuk memilih antara ambivert atau ekstrovert karena dikotomi keduanya mencerminkan pandangan kepribadian yang lelah dan ketinggalan zaman. Ciri-ciri kepribadian ada di sepanjang kontinum dan sebagian besar dari kita bukan introvert atau ekstrovert dan berada di tengah.

ambivert dapat bersosialisasi dengan banyak tipe kepribadian (Unsplash)

Perlu diketahui, kepribadian terdiri dari seperangkat preferensi dan kecenderungan yang stabil sebagai cara manusia mendekati dunia. Ciri-ciri kepribadian terbentuk pada usia dini dan ditetapkan pada masa dewasa awal dan banyak hal penting akan berubah selama hidup Anda, tetapi kepribadian bukan salah satunya.

Memang menjadi sangat mengganggu ketika kita didorong untuk mengkategorikan diri karena ada kekuatan dan kelemahan kritis yang umumnya terkait dengan masing-masing jenis.

Pakar kepribadian, Adam Grant mulai mempelajari fenomena tersebut dengan temuan yang sangat menarik. Pertama, dia menemukan bahwa dua pertiga orang tidak mengidentifikasi diri sebagai introvert atau ekstrovert.

Orang-orang yang tidak mengidentifikasikan diri tersebut disebut ambivert, yang memiliki kecenderungan introvert dan ekstrovert. Arah ambivert condong ke arah sangat bervariasi, tergantung pada situasinya.

Ambivert memiliki keunggulan berbeda dibandingkan introvert dan ekstrovert sejati. Karena kepribadian mereka tidak terlalu condong ke kedua arah, mereka memiliki waktu yang jauh lebih mudah untuk menyesuaikan pendekatan mereka kepada orang-orang berdasarkan situasi.

Dengan demikian, kepribadian ambivert memungkinkan mereka untuk terhubung lebih mudah, dan lebih dalam, dengan lebih banyak variasi orang.

Penelitian Grant juga membantah anggapan yang kuat dan dipegang secara luas bahwa marketing dengan kinerja terbaik adalah ekstrovert. Dia menemukan bahwa fleksibilitas sosial ambivert yang lebih besar memungkinkan mereka untuk menjual lebih banyak dari semua kelompok lain.

Temuan Grant bahkan menyatakan jika seorang ambivert dapat menjual 51% lebih banyak produk per jam daripada rata-rata tenaga penjualan ekstrovert.

Ciri-Ciri Seorang Ambivert

Penting untuk menentukan di mana Anda berada dalam skala introversi atau ekstroversi. Dengan meningkatkan kesadaran Anda tentang tipe Anda, maka Anda dapat mengembangkan rasa yang lebih baik.

Jika Anda berpikir bahwa Anda mungkin seorang ambivert, tetapi tidak yakin, lihat berapa banyak pernyataan berikut yang berlaku untuk Anda. Jika sebagian besar dari ciri berikut ini cocok, kemungkinan besar Anda adalah seorang ambivert.

1. Saya dapat melakukan tugas sendiri atau dalam kelompok. Saya juga tidak punya banyak preferensi.

2. Pengaturan sosial tidak membuat saya tidak nyaman, tetapi saya terlalu lelah berada di sekitar orang.

3. Menjadi pusat perhatian itu menyenangkan bagi saya, tetapi saya tidak suka itu bertahan lama.

4. Beberapa orang berpikir saya pendiam, sementara yang lain berpikir saya sangat sosial.

5. Saya tidak selalu perlu bergerak, tetapi terlalu banyak waktu senggang membuat saya merasa bosan.

6. Saya bisa tersesat dalam pikiran saya sendiri semudah saya tenggelam dalam percakapan.

7. Obrolan ringan tidak membuat saya tidak nyaman, tetapi itu membosankan.

8. Dalam hal mempercayai orang lain, terkadang saya skeptis, dan di lain waktu, saya langsung terjun.

9. Jika saya menghabiskan terlalu banyak waktu sendirian, saya bosan, namun terlalu banyak waktu di sekitar orang lain membuat energi saya merasa terkuras.

Selain pertanyaan apa itu ambivert, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi