Patut Disimak, Inilah Cara Menambah Berat Badan 5 Kg dalam Seminggu

| 01 Nov 2022 19:25
Patut Disimak, Inilah Cara Menambah Berat Badan 5 Kg dalam Seminggu
Ilustrasi (Ketut Subiyanto/Pexels)

ERA.id - Saat ini bisa jadi Anda tengah memikirkan bagaimana cara menambah berat badan sebanyak 5 kg dalam seminggu. Untuk menambah berat badan tentunya memerlukan upaya keras seperti halnya menurunkan berat badan.

Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat dilakukan seseorang untuk menambah berat badan. Cara-cara tersebut dapat berupa pengaturan pola makan, menghindari makanan kemasan yang tidak sehat, serta pengelolaan pikiran agar tidak mengalami stres. Namun, sebelum menjalankan cara-cara tersebut, penting juga bagi Anda untuk memahami akar penyebab dari permasalahan badan Anda.

Badan kurus tidak selalu dikaitkan dengan kekurangan nutrisi maupun gangguan gizi. Permasalahan ini bisa disebabkan oleh defisiensi enzim, depresi, serta penyakit kronis yang mengakibatkan beran badan turun secara drastis, misalnya TBC, hipertiroid, kanker, dan sebagainya.

Sementara itu, untuk mendapatkan berat badan yang ideal, tentunya Anda harus menjalani langkah-langkah untuk menambah massa otot tanpa lemak. Selanjutnya menghindari segala jenis makanan yang berpotensi menimbun lemak jahat.

Dilansir dari Styles in Life, berikut adalah beberapa cara menambah berat badan 5 kg dalam seminggu yang dapat dilakukan:

Berolahraga

Anda yang berolahraga atau latihan ketahanan selama menambah berat badan sangat membantu menambah massa otot tanpa lemak dan penambahan lemak terikat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk berolahraga sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu.

Anda dapat melakukan gerakan-gerakan seperti deadlift, squat, military press, bench press, bent-over row, dan chin-up. 

Semua gerakan dan latihan ini dapat membakar kalori tambahan itu ke dalam otot untuk membantu menambah berat badan.

Tidak Mengonsumsi Karbohidrat Setelah Latihan

Karbohidrat memang dapat membantu Anda untuk menambah berat badan, tetapi hal  itu hanya akan menimbun lemak bukan otot.

Makanan dengan kandungan karbohidrat yang dikonsumsi setelah latihan akan menaikkan kadar insulin yang secara bersamaan memperlambat kecepatan runtuhnya protein. Untuk menggantinya, Anda harus mengonsumsi pisang, sandwich selai kacang, dan minuman olahraga untuk makanan setelah latihan.

Tingkatkan Asupan Makanan

Ilustrasi Buah-buahan (Photo Mix-Pixabay)

Cara menambah berat badan 5 kg dalam seminggu juga bisa dilakukan dengan meningkatkan asupan makanan.

Anda bisa menambah porsi makan, perbanyak cemilan sehat dan menaikkan konsumsi kalori dan padat nutrisi  selai kacang, hummus, alpukat, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Sebaiknya hindari lemak jahat dan menggantinya dengan makanan tinggi protein tapi rendah lemak seperti dada ayam, buah-buahan, kalkun, ikan tuna plus tambahan seafood, sayuran, daging tanpa lemak, dan lain-lain.

Perbanyak minuman yang bergizi

Selain minum banyak air putih yang memang harus dilakukan untuk membantu menambah berat badan dalam seminggu, Anda disarankan minum susu sebelum tidur.

Menambahkan smoothie ke rencana penambahan berat badan juga merupakan ide bagus. Smoothie bisa Anda dapatkan dalam yoghurt, bubuk protein, kacang-kacangan, mentega almond, susu kedelai, dan buah-buahan.

Tidur yang cukup dan hindari stres

Tidur sebanyak 8 hingga 9 jam setiap malamnya sangat Anda perlukan dan sangat penting untuk menambah berat badan dengan cepat dalam 7 hari. Selain itu, Anda juga harus melakukannya dengan cara yang sehat. Jaga pikiran agar selalu bahagia dan tidak stres, sebab hal ini merupakan penghambat dalam menaikkan berat badan.

Demikianlah beberapa langkah atau cara menambah berat badan 5 kg dalam seminggu. Hal yang paling penting adalah bagaimana cara Anda melakukan semua hal tersebut dengan tepat dan aman. Sebab, kesehatan adalah hal yang paling utama.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi