Area Titik Pijat Sesak Nafas karena Asam Lambung Naik untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

| 13 Nov 2022 16:04
Area Titik Pijat Sesak Nafas karena Asam Lambung Naik untuk Menjaga Kesehatan Tubuh
Ilustrasi pijat pada telapak kaki (unsplash)

ERA.id - Peningkatan asam lambung secara berlebih atau asam lambung naik bisa menyebabkan rasa yang sangat sakit. Salah satu bagian yang menjadi pusat rasa sakit tersebut adalah ulu hati. Untuk mengatasinya, Anda bisa menekan titik pijat sesak nafas karena asam lambung naik.

Anda harus segera mengatasi asam lambung naik agar aktivitas sehari-hari tidak terus-terusan terganggu. Selain itu, Anda juga harus menjaga gaya hidup sehat agar hal tersebut tidak terjadi lagi.

Menekan Titik Pijat Sesak Nafas karena Asam Lambung Naik

Ilustrasi sakit karena asam lambung naik (unsplash)

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghindari asam lambung naik adalah tidak mengonsumsi jenis makanan tertentu, seperti makanan asam, makanan yang mengandung gas, minuman berkafein, dan makanan pedas.

Pola makan pun harus tepat agar gangguan kesehatan ini tidak terjadi. Anda tidak boleh sampai terlambat makan atau makan dalam jumlah porsi yang terlalu banyak.

Dikutip Era dari intisari.grid.id, tips lain untuk mengatasi asam lambung naik adalah teknik akupuntur, yaitu dengan menekan titik tertentu yang ada di tubuh. Titik pijat sesak nafas karena asam lambung ada beberapa titik, antara lain bagian perut, ginjal, pleksus, dan kepala kaki di telapak kaki.

Pemijatan adalah cara yang sederhana tetapi bisa efektif untuk mengembalikan atau menjaga kesehatan. Pemijatan akan mengaktifkan kekuatan penyembuhan diri.

Cara Pemijatan Titik Pijat Sesak Nafas karena Asam Lambung Naik

Pemijatan pada titik tertentu untuk mengatasi masalah asam lambung naik ini bisa Anda lakukan secara mandiri di rumah. Namun, Anda perlu melakukan pemijatan ini dengan teknik yang tepat. Berikut adalah cara pemijatan tersebut.

1.  Cari tahu lokasi area perut, ginjal, pleksus, dan kepala kaki di telapak kaki. Anda bisa menggunakan grafik pijak sebagai referensi.

2.  Anda bisa menggunakan jari, buku jari, atau ujung tongkat tumpul untuk memberikan tekanan yang cukup kuat pada area tersebut. Penekanan titik pada kaki juga bisa dilakukan bola golf atau menyegaja menginjak kerikil dengan kaki telanjang. Hal tersebut memiliki efek yang sama dengan pemijatan menggunakan jari atau secamamnya.

Ketika Anda melakukan pemijatan atau penekanan pada titik tertentu, mungkin Anda akan merasakan sakit pada awalnya. Hal tersebut terjadi karena organ dalam yang berhubungan dengan titik tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Jika Anda merasa terlalu sakit, jangan menekan terlalu keras. Anda bisa tetap menekan area tersebut secara perlahan, kemudian kekuatan tekanan ditingkatkan secara bertahap.

Berdasarkan metode pengobatan China, kaki merupakan tubuh yang terpisah, tetapi berhubungan langsung dengan semua bagian tubuh dan organ tubuh manusia.

Pemijatan pada salah satu area kaki bisa memberikan perawatan terapeutik khusus pada area atau organ tubuh yang berhubungan. Pemberian rangsangan pada kaki akan memberikan efek pada organ tubuh tertentu.

Selain melakukan pemijatan pada titik pijat sesak nafas karena asam lambung naik, sebaiknya Anda juga meminum air putih hangat dalam jumlah yang cukup banyak. Hal tersebut bisa membantu mengeluarkan zat beracun dari dalam tubuh. Selain itu, tetap lakukan konsultasi kesehatan dengan dokter, terutama jika gangguan tersebut berlanjut. 

Rekomendasi