Bentuk Perut Ibu Hamil 1 Bulan dan Beberapa Hal yang Harus Dilakukan

| 19 Nov 2022 16:00
Bentuk Perut Ibu Hamil 1 Bulan dan Beberapa Hal yang Harus Dilakukan
Ilustrasi ibu hamil (Omurden Cengiz/Pexels)

ERA.id - Kehamilan adalah momen yang diinginkan oleh setiap istri yang akan berubah status menjadi ibu. Momentum ini tentunya sangat mendebarkan. Ada ibu hamil yang langsung memahami, tetapi ada juga yang belum merasakan kehamilan di awal waktu, khususnya saat usia hamil 1 bulan.

Dalam waktu 24 jam sesudah pembuahan, sel telur yang akan menjadi bayi dengan segera membelah diri menjadi sel yang banyak. Menurut My Cleveland Clinic, dibutuhkan sekitar 40 minggu untuk kehamilan yang normal.

Minggu-minggu ini selanjutnya dibagi menjadi tiga trimester, antara lain usia 1-3 bulan untuk trimester pertama, usia 4-6 bulan untuk trimester kedua, dan 7-9 bulan untuk trimester ketiga.

Bagaimana Ciri-Ciri Ibu Hamil 1 Bulan?

Sebenarnya, awal kehamilan dihitung dari hari pertama periode menstruasi terakhir. Masa ini disebut juga sebagai usia kehamilan, atau usia menstruasi.

Pihak penyedia layanan kesehatan juga akan mengonfirmasi tanggal ini kepada Anda dan akan menggunakannya untuk menentukan usia kehamilan Anda.

Dalam siklus haid yang pada akhirnya menghasilkan kehamilan, akan ada proses yang dinamakan pembuahan. Dalam proses ini, sel telur akan berkembang setelah sel sperma masuk ke dalam rahim, atau dengan kata lain disebut ovulasi.

Ovulasi biasanya terjadi sekitar dua minggu sebelum periode menstruasi selanjutnya dimulai.

Setelah ovulasi, folikel yang terbuka akan bertumbuh menjadi struktur corpus luteum. Dalam proses ini, hormon progesteron dan estrogen akan dilepaskan. Hormon progesteron memiliki tugas dalam mempersiapkan endometrium atau lapisan rahim.

Lapisan rahim merupakan tempat di mana telur yang sudah dibuahi akan menetap. Rata-rata, pembuahan terjadi sekitar dua minggu sesudah periode menstruasi terakhir dan memperlihatkan beberapa ciri kehamilan.

Lalu, bagaimanakah bentuk perut ibu hamil 1 bulan?

Bentuk Perut Ibu Hamil 1 Bulan

Ketika mendapatkan kehamilan, Anda mungkin ingin merasakan setiap detail kecil tentang bayi. Salah satunya tentang perut yang akan menjadi tempat tumbuh kembangnya selama 9 bulan.

Selama kehamilan, akan banyak perubahan yang dialami tubuh, dan Anda akan mulai memperhatikan perubahan yang terjadi signifikan pada perut. Perut akan mulai tumbuh, dan fase ini merupakan saat yang tepat bagi Anda untuk tidak terobsesi dengan berat badan atau perut yang semakin membesar.

Sebenarnya, ukuran perut tidak dapat menunjukkan tahap kehamilan secara akurat. Setiap ibu hamil mempunyai perjalanan kehamilan yang beragam dan berbeda-beda.

Ukuran bayi pun tidak akan sama dengan seberapa besar atau kecil ukuran perut selama kehamilan.

Ukuran perut saat hamil akan ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya tinggi badan, ukuran rahim, posisi bayi, kehamilan pertama, kehamilan kedua dan seterusnya, jumlah cairan ketuban, serta ukuran bayi.

Pada kehamilan usia 1 bulan, proses ovulasi terjadi. Dengan demikian, tidak terlihat perbedaan mencolok mengenai ukuran perut, sebab bayi hanya mempunyai ukuran sekitar 2 mm.

Makanan yang Direkomendasikan untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Saat memasuki usia hamil 1 bulan, Anda harus mulai menentukan asupan makanan dengan makanan yang bergizi. Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi makanan yang mampu meningkatkan zat besi dan vitamin C.

Ilustrasi Vitamin C (Foto: Biolab.vn)

Makanlah makanan yang mengandung lebih banyak vitamin C, karena makanan ini dapat membantu mempercepat penyerapan zat besi dalam tubuh. Selain itu, jenis makanan ini termasuk nutrisi yang juga diperlukan untuk membantu mendukung peningkatan volume darah.

Anda bisa mendapatkan vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran seperti kiwi, melon, mangga, stroberi, paprika, tomat, dan asparagus.

Selanjutnya, zat besi bisa Anda temukan dalam daging sapi, produk kedelai, unggas, dan buah kering.

Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi dengan kalsium. Karena kalsium membantu Anda dan bayi yang sedang tumbuh untuk membangun dan memperkuat struktur tulang yang sehat. Zat ini juga penting bagi kesehatan jantung, saraf, dan otot.

Jika selama kehamilan Anda tidak mengonsumsi cukup kalsium, bayi akan menyerapnya dari tulang Anda. Oleh karena itu, makanlah makanan seperti greek yogurt atau yogurt beku, jus atau sereal yang diperkaya kalsium dan keju keras atau pasteurisasi sebanyak tiga atau empat porsi setiap hari (1.000 miligram).

Dengan mengonsumsi makanan ini, pondasi kehamilan pada trimester 1 akan terjaga dan aman untuk menjalani usia kehamilan selanjutnya.

Demikianlah penjelasan tentang ciri-ciri kehamilan, bentuk perut ibu hamil 1 bulan, serta apa saja yang perlu dilakukan di masa tersebut. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi