Apa Itu Kepribadian Ganda? Berikut Penyebab dan Cara Mengobati

| 27 Nov 2022 08:00
Apa Itu Kepribadian Ganda? Berikut Penyebab dan Cara Mengobati
Ilustrasi kepribadian ganda (Freepik)

ERA.id - Kondisi kesehatan mental kepribadian ganda biasa disebut Multiple Personality Disorder atau Dissociative Identity Disorder (DID). Orang dengan gangguan tersebut memiliki dua atau lebih kepribadian yang terpisah. Artikel ini akan menjawab pertanyaan mengenai apa itu kepribadian ganda, penyebab, dan cara penanganannya.

Dilansir dari Cleveland Clinic, DID dapat menyebabkan celah dalam memori dan masalah lainnya. Akan tetapi, berbagai jenis psikoterapi dapat membantu orang mengelola gejala DID.

Apa Itu Kepribadian Ganda (DID)?

Kepribadian ganda disebabkan trauma masa kecil (Freepik)

Gangguan identitas disosiatif (DID) adalah kondisi kesehatan mental, sehingga orang dengan DID memiliki dua atau lebih identitas yang terpisah. Kepribadian ini mengontrol perilaku mereka pada waktu yang berbeda.

Setiap identitas pengidap DID memiliki sejarah, sifat, suka dan tidak suka masing-masing. DID dapat menyebabkan kesenjangan dalam ingatan dan halusinasi (mempercayai sesuatu itu nyata padahal sebenarnya tidak).

DID adalah salah satu dari beberapa gangguan disosiatif. Gangguan ini mempengaruhi kemampuan seseorang untuk terhubung dengan kenyataan. Gangguan disosiatif lainnya termasuk gangguan depersonalisasi atau derealisasi, yang menyebabkan perasaan terlepas dari tindakan Anda.

Selain itu, terdapat gangguan lain seperti amnesia disosiatif, atau masalah mengingat informasi tentang diri sendiri. Meskipun demikian, DID sangat jarang dan gangguan ini mempengaruhi antara 0,01 dan 1% dari populasi.

Meskipun demikian, DID bisa terjadi pada usia berapa pun dan wanita lebih mungkin dibandingkan pria.

Apa Gejala dan Penyebab Kepribadian Ganda?

DID biasanya merupakan hasil dari pelecehan seksual atau kekerasan fisik selama masa kanak-kanak. Terkadang juga disebabkan oleh respons terhadap bencana alam atau peristiwa traumatis lainnya seperti pertempuran.

Apa saja tanda dan gejala DID?

Seseorang dengan DID memiliki dua atau lebih identitas yang berbeda. Identitas "inti" adalah kepribadian orang yang biasa. "Alter" adalah kepribadian alternatif seseorang. Beberapa orang dengan DID memiliki hingga 100 perubahan.

Alter cenderung sangat berbeda satu sama lain. Identitas tersebut dapat memiliki jenis kelamin, etnis, minat, dan cara berinteraksi yang berbeda dengan lingkungannya.

Tanda dan gejala umum DID lainnya dapat meliputi:

●        Kecemasan.

●        Khayalan.

●        Depresi.

●        Disorientasi.

●        Penyalahgunaan obat atau alkohol.

●        Hilang ingatan.

●        Pikiran untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri.

Apakah ada tes untuk Kepribadian Ganda?

Tidak ada satu tes pun yang dapat mendiagnosis DID. Penyedia layanan kesehatan akan meninjau gejala dan riwayat kesehatan pribadi Anda. Mereka mungkin akan melakukan tes untuk menyingkirkan penyebab fisik yang mendasari gejala Anda, seperti cedera kepala atau tumor otak.

Gejala DID sering muncul pada masa kanak-kanak, antara usia 5 dan 10 tahun. Namun, orang tua, guru, atau penyedia layanan kesehatan mungkin melewatkan tanda-tanda tersebut.

Selain itu, gejala DID mungkin dikacaukan dengan masalah perilaku atau pembelajaran lain yang umum terjadi pada anak-anak, seperti attention deficit hyperactivity disorder (ADHD). Karena alasan ini, DID biasanya tidak terdiagnosis hingga dewasa.

Pengobatan untuk gangguan identitas kepribadian ganda

Beberapa obat dapat membantu mengatasi gejala DID tertentu, seperti depresi atau kecemasan. Tetapi pengobatan yang paling efektif adalah psikoterapi.

Penyedia layanan kesehatan dengan pelatihan khusus dalam gangguan kesehatan mental, seperti psikolog atau psikiater, dapat memandu pengobatan yang tepat. Anda mungkin mendapat manfaat dari terapi individu, kelompok atau keluarga.

Terapi kepribadian ganda akan berfokus pada identifikasi dan mengatasi trauma atau pelecehan di masa lalu. Selain itu, terapi juga fokus pada mengelola perubahan perilaku yang tiba-tiba dan menggabungkan identitas yang terpisah menjadi satu identitas.

Selain apa itu kepribadian ganda, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi