Ternyata! Banyak Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es

| 18 Dec 2022 10:35
Ternyata! Banyak Manfaat Merendam Kaki dengan Air Es
Ilustrasi Es. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Kaki merupakan salah satu anggota tubuh yang paling rentan mengalami stres dan kelelahan. Hal ini disebabkan oleh ketika manusia berjalan dan berdiri kaki menjadi tumpuan utama beban tubuh manusia, selain terdapat ujung saraf yang menutupi telapak kaki.

Ilustrasi Rendam Kaki dengan Air Es (Foto: unsplash)

Ujung saraf ini berperan sebagai penyeimbang sekaligus menjaga kesehatan tubuh, melansir The Ice Bath. Merawat kaki dengan berendam di air dingin mampu memberikan berbagai manfaat yang dapat menjaga keduanya. Berikut beberapa manfaat merendam kaki dengan air es.

Meredakan pembengkakan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan pembekakan. Namun, kompres es batu dan terapi dingin lebih tepat untuk membantu menyembuhkan pergelangan kaki yang terkilir atau cedera kaki lainnya.

Cara kerjanya cukup sederhana, es dinilai mampu mengurangi aliran darah. Dengan demikian, terjadi juga pengurangan peradangan dan aktivitas saraf yang menyakitkan.

Perawatan guna mengurangi pembengkakan dengan air dingin tidak melulu dengan merendamnya di air es. Untuk perawatan lebih efektif, penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan kaki bengkak. Kombinasi dengan perawatan lain mungkin diperlukan.

Meskipun manfaat merendam kaki dengan air es terbilang efektif, cara ini bukan menjadi satu-satunya cara yang direkomendasikan jika pembekakan berlanjut. Kamu mungkin perlu mengombinasikannya dengan perawatan lain. Jika pembekakakn tidak segera membaik, sebaiknya segera kunjungi dokter.

Mengurangi efek mikrotrauma

Berbagai aktivitas harian dapat menjadi pemicu timbulnya mikrotrauma. Istilah tersebut merujuk pada robekan mikro pada serat otot, selubung pembungkus otot, atau pada jaringan ikat. Robekan mikro ini juga dapat berupa tarikan pada tendon dan tulang. Kondisi ini biasa disebut sebagai cedera.

Nah, ada beberapa ahli yang berpendapat bahwa suhu dingin akan membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat cedera. Salah satu pakar kebugaran, Richie Norton menjelaskan, setelah mikrotrauma terjadi, tubuh merangsang aktivitas sel otot untuk memperbaiki kerusakan dan memperkuat otot.

Itulah sebabnya, sebagian besar kasus cedera merasa sakit dalam  waktu beberapa hari setelah berolahraga. Air dingin dinilai mampu membantu mengurangi peradangan, menurunkan aktivitas metabolisme, dan mengurangi pembengkakan. Maka merendam kaki dengan air es juga bisa meningkatkan sirkulasi. Dengan begitu bisa  membantu tubuh menyembuhkan dirinya sendiri lebih cepat.

Meningkatkan sirkulasi darah

Darah secara terus-menerus mengalir ke seluruh tubuh, dan mengitari setiap organ manusia, termasuk kaki. Sistem kerja darah dengan mengirimkan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh.

Namun ketika ada aliran darah di bagian kaki tidak lancar, beberapa efek mungkin bakal kamu rasakan. Seperti sering kesemutan, mati rasa, terasa dingin, hingga jaringan mati karena kekurangan oksigen.

Merendam kaki dengan air es merupakan salah satu cara memperlancar aliran darah. Meski dapat menyempitkan aliran darah, air dingin juga mempercepat aliran darah.

Setelah berolahraga berat, es akan meningkatkan aliran darah di kaki. Upaya ini akan mempercepat proses penyembuhan akibat pembengkakan.

Mengurangi rasa sakit

Di antara seluruh bagian tubuh, kaki menjadi bagian tubuh yang jarang diperhatikan. Padahal, kaki sangat berperan dalam membantu setiap gerak manusia, maka tak heran jika kaki rentan mengalami stres dan kelelahan.

Beberapa treatment sederhana bisa membantu mengembalikan dan menjaga kesehatan kaki. Salah satunya dengan merendamnya dengan air dingin. Alih-alih air hangat atau panas, manfaat merendam kaki dengan air es ternyata juga baik bagi tubuh.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Seorang dokter Rusia terkenal bernama Sergey Bubnovkiy, memberikan alternatif cara meningkatkan kekebalan tubuh yang lebih sederhana. Cara tersebut, dengan merendam kaki dalam air sedingin es hanya selama 10-15 detik sehari.

Upaya tersebut dinilai mampu mencegah pilek atau flu bermanifestasi. Sebuah jurnal dari University of Virginia menemukan cara bahwa air es dapat merangsang produksi norepinefrin. Hormon ini secara alami memainkan peran penting dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Untuk hasil terbaik, lakukan setiap malam sebelum tidur. Atau, jika daya tahan tubuh sangat lemah, kamu bisa mengulang proses ini setiap 4 jam sekali jika diperlukan.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi