Mengenal Apa Itu Double Chin, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

| 19 Dec 2022 19:35
Mengenal Apa Itu Double Chin, Penyebab, dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi perempuan dengan double chin (freepik)

ERA.idDouble chin atau dagu berlipat merupakan hal yang kerap membuat orang kurang percaya diri, terutama perempuan. Sebenarnya apa itu double chin?

Selain itu, apa saja penyebab dari munculnya double chin? Hal-hal tersebut tersebut perlu Anda ketahui agar nantinya bisa melakukan tindakan yang tepat untuk mengatasinya sehingga kecantikan lebih terpancar.

Apa Itu Double Chin dan Penyebabnya?

lustrasi perempuan tanpa double chin (freepik)

Double chin merupakan kondisi ketika dagu tampak ada dua buah. Bukan karena tulang dagu ada dua, melainkan terjadi penumpukan lemak yang berlebih pada bawah dagu (lemak submental), tepatnya bagian leher yang ditutupi oleh kulit yang bisa mengendur dan meregang.

Kulit pada bagian bawah dagu ini memiliki elastisitas yang bagi sehingga seseorang tampak seperti memiliki dua atau bahkan tiga buah dagu (termasuk dagu sesungguhnya). Kondisi ini biasanya terjadi pada orang-orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Namun, double chin tidak hanya disebabkan oleh berat badan yang berlebih. Dikutip Era dari halodoc, berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan double chin.

1.    Kelebihan lemak

Kelebihan lemak menjadi hal yang paling umum memicu double chin. Seseorang cenderung mengalami penambahan lemak di berbagai bagian tubuh saat berat badannya naik. Salah satu area yang mengalami penambahan lemak adalah bawah dagu. Namun, tipe tubuh tertentu bisa membuat penambahan lemak di area bawah dagu, bahkan area tubuh yang lain, tidak terlalu tampak.

2.    Struktur wajah

Layaknya tipe tubuh, struktur wajah juga bisa berpengaruh terhadap ketampakan double chin. Ini merupakan sesuatu di luar kendali manusia—tidak seperti tumpukan lemak berlebih.

Orang dengan dagu resesif dan garis rahang yang lemah memiliki kemungkinan lebih besar untuk memiliki double chin. Penyebabnya adalah kulit yang membentang di dagu tersebut lebih kecil. Oleh sebab itu, kontrol jumlah lemak di tubuh perlu lebih diperhatikan.

3.    Penuaan

Usia berpengaruh terhadap kesehatan dan kecantikan kulit. Ketika Anda menginjak usia 20-an, jumlah kolagen yang dihasilkan oleh kulit mulai mengalami penurunan sehingga kulit mulai kurang elastis dan mengendur. Oleh sebab itu, hal tersebut bisa membuat double chin rawan terlihat.

4.    Postur

Aktivitas dengan smartphone dan laptop membuat dagu cenderung menjulur ke bawah. Jika hal ini kerap dilakukan, efek yang dihasilkan bisa tidak baik.

Postur buruk tersebut berpotensi menyebabkan nyeri leher dan melemahkan otot platisma yang menghubungkan leher dan dagu. Jika otot tersebut melemah, elastisitas area di sekitar rahang bisa terjadi, selain itu bisa menyebabkan efek kendur yang menyebabkan double chin.

5.    Genetik

Jika anggota keluargamu ada yang memiliki double chin, Anda juga punya kemungkinan untuk memiliki hal tersebut. Sebenarnya, tidak ada gen yang secara khusus menyebabkan double chin, tetapi beberapa sifat tubuh terkait gen bisa membuat Anda punya potensi untuk memiliki double chin.

Cara Mengatasi Double Chin

1.    Senam wajah

Jika Anda ingin double chin tidak tampak, hal termudah untuk dilakukan adalah melakukan senam wajah. Seperti diketahui, olahraga bisa membakar lemak. Oleh sebab itu, jika Anda rutin melakukan senam wajah, area lemak di wajah bisa berkurang.

2.    Olahraga teratur

Tak berbeda jauh dengan senam wajah, ketika Anda melakukan olahraga secara teratur, lemak akan mengalami penurunan. Olahraga tertatur pada berbagai bagian tubuh, termasuk wajah, bisa membuat penumpukan lemak berlebih tidak terjadi.

3.    Sedot lemak

Ini adalah langkah yang bisa dipertimbangkan jika double chin dinilai benar-benar mengganggu. Meski demikian, sedot lemak memiliki risiko sehingga Anda harus melakukan pertimbangan yang matang dan berkonsultasi dengan dokter. Orang yang melakukan sedot lemak juga harus dokter.

4.    Facelift

Ini merupakan hal yang kadang dilakukan untuk mengatasi kulit kendur setelah sedot lemak. Facelift bisa membuat kulit bergelambir kembali kencang. Kulit bergelambir tersebut terjadi akibat jaringan lemak di bawahnya dihilangkan melalui sedot lemak.

Ada satu lagi tips untuk membuat Anda tetap percaya diri meski memiliki double chin. Ini adalah mode penyamaran agar double chin tidak terlalu terlihat, yaitu menggunakan baju dengan dengan model turtleneck atau baju dengan kerah yang tinggi. Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengenak syal untuk menutupi area leher.

Rekomendasi